Honda Kunci Juara Dunia Konstruktor MotoGP 2016 Share this
MotoGP
Mode baca

Honda Kunci Juara Dunia Konstruktor MotoGP 2016

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 14 November 2016

Foto: Honda Juara Dunia Konstruktor MotoGP 2016

VALENCIA - Tim Repsol Honda tampaknya tengah berbahagia. Selain pembalapnya, Marc Marquez merebut juara dunia MotoGP 2016, Honda juga telah memastikan diri sebagai juara dunia konstruktor untuk musim balap 2016.

Poin tim balap asal Jepang itu sudah tidak terkejar lagi dari para pesaingnya. Poin terakhir didapat Honda pada balapan final serie yang berlangsung di Valencia dengan tambahan 20 poin dari Marquez yang finish di urutan kedua.

Alhasil Honda mengoleksi 369 poin di klasemen konstruktor. Pabrikan berlogo Sayap Mengepak itu mengungguli Yamaha dengan perolehan 353 poin.

Posisi tiga klasemen kontsruktor jatuh pada Ducati yang mengoleksi 261 poin. Sementara Suzuki berada di urutan keempat dengan 208 poin dan posisi kelima diisi oleh Aprilia yang berhasil mengumpulkan sebanyak 101 poin.

Tim dengan warna khas oranye itu telah mengamankan titel juara dunia nomor 22 yang diraih di kelas Premier. Pabrikan ini meraih sembilan kemenangan dari 18 seri balapan. Sedangkan rival beratnya, Yamaha mengumpulkan enam kemenangan.

Untuk diingat, penghitungan nilai konstruktor di klasemen MotoGP berbeda dengan penghitungan poin pada tim. Dan untuk dua kategori tersebut Honda telah mengunci sebagai juara dunia musim ini.

Cara penghitungan konstruktor selama satu musim adalah setiap pabrikan motor mendapat poin hanya dari satu pembalap yang finis terbaik (1,2 atau 3) di balapan dan menggunakan motor dengan merek yang sama, meskipun tim atau kelasnya berbeda.

Poin yang didapat pembalap dari masing-masing pabrikan kemudian diakumulasikan hingga seri terakhir MotoGP. [Ikh]


Komentar