Honda Kembangkan Head-Up Display di Motor Share this

Honda Kembangkan Head-Up Display di Motor

Denny Basudewa
pada 5 hari yang lalu

Foto: Honda HUD

TOKYO – Honda dikabarkan tengah mengembangkan Head-Up Display (HUD) pada sepedamotor.

HUD sendiri pertama kali diterapkan pada dunia penerbangan. Teknologi ini lalu menyebar luas dan mulai diterapkan di dunia otomotif belakangan ini. Mobil-mobil berbanderol tinggi sudah mulai menerapkan HUD lebih dari satu dekade silam.

Dewasa ini, beberapa pabrikan helm motor mulai menerapkan HUD sebagai salah satu fiturnya. Teknologi pada HUD tentunya memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Pengendara tidak perlu lagi menundukkan kepala untuk melihat panel instrumen.

Honda dikabarkan tengah mengembangkan HUD untuk disematkan pada produk-produk sepedamotornya. Salah satu upaya Honda dalam menerapkan teknologi ini adalah menggunakan Africa Twin.

Motor tersebut di atas disematkan projector pada cover lampu depan. Lalu projector tersebut menembakkan gambar ke arah windshield seputar informasi kendaraan seperti spidometer, navigasi hingga isi bahan bakar.

Tidak hanya itu, pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak juga mencoba teknologi HUD pada CBR500R. Konsep kerjanya alat ini kurang lebih mirip, namun proyektor ditempatkan pada tangki bahan bakar. Sayangnya untuk motor terlihat agak membingungkan, karena pengguna motor jenis superbike posisi berkendaranya sudah cukup menundukkan kepala.

Intinya teknologi HUD memang bisa membantu pengendara selama perjalanan. Namun beberapa hal yang masih harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kecelakaan serius dan menimbulkan banyak korban di masa mendatang. [Dew/Idr]


Komentar