Honda Jazz Cross Style Tantang Toyota Yaris Heykers Share this
Mobil Baru
Mode baca

Honda Jazz Cross Style Tantang Toyota Yaris Heykers

Adi Hidayat
pada 04 Juli 2017

Foto: Honda Jazz Cross Style diluncurkan di Jepang

TOKYO – Honda Jazz Cross Style diluncurkan di Jepang.

Meski sudah resmi diluncurkan, namun Honda masih menyediakan sedikit kejutan untuk pelanggannya. Satu hari setelah peluncurkan Fit, Honda merilis Fit Cross Style yang merupakan tipe baru di keluarga Fit.

Meski disebut sebagai tipe terbaru, namun sebenarnya mobil tersebut adalah Fit dengan penambahan beberapa aksesori di sisi eksterior.

Akseori-aksesori tersebut adalah penambahan garnish baru pada bagian bumper depan dan belakang, tailgate decal, body side moulding, wheel arch cladding, dark grey side sill garnish dan roda Modula berukuran 15".

Paket ini dijual dengan harga 138.240 yen atau setara dengan Rp 16,3 juta belum termasuk dengan roda Modulo. Sementara untuk harga Fit sendiri dijual dengan harga mulai dari 1,4 juta Yen atau setara Rp 169,3 juta hingga 2 juta Yen atau setara Rp 246, 3 juta.

Untuk mesin dan fitur tidak ada perbedaan dengan tipe lainnya. Mobil ini dilengkapi dengan 1.3-liter i-VTEC, 1.5-liter i-VTEC dan 1.5-liter i-VTEC+i-DCD petrol-electric hybrid. Mesin berkapasitas 1.3-liter mampu menghasilkan tenaga 98 hp dan torsi 155 Nm.

Sementara untuk mesin berkapasitas 1.5-liter mampu menghasilkan tenaga sebesar 108 hp dengan torsi mencapai 134 Nm. Khusus untuk tipe hybrid, i-DCD electric motor mampu menghasilkan tenaga sebesar 29 hp dan torsi 160 Nm.

Beberapa teknologi terbaru Honda pun telah disematkan seperti Honda Sensing.

Fitur tersebut terdiri dari Collision Mitigation Braking, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System dan sebagainya. Dengan ini diharapkan kendaraan Honda bisa semakin aman.

Ubahan yang dilakukan memang tidak terlalu banyak. Hal ini berbeda dengan Toyota Yaris Heykers yang telah diubah lebih banyak, termasuk ground clearance lebih tinggi dari Yaris standar.

Penambahan ketinggian disebut berguna untuk mendukung tampilan serta fungsi dari sebuah mobil crossover itu sendiri. Ketinggian yang lebih tinggi diharapkan bisa membuat mobil lebih akrab dengan kondisi jalan Indonesia.

Di Indonesia, Toyota Yaris Heykers dijual dengan harga mulai dari Rp 269,1 juta. Jika masuk Indonesia, pasar otomotif segmen hot-hatchback Jepang tentu lebih seru. [Adi/Ikh]


Komentar