Honda India Akhirnya Jual Skutik dengan Sistem Injeksi Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda India Akhirnya Jual Skutik dengan Sistem Injeksi

Ary Dwinoviansyah
pada 6 hari yang lalu

HARYANA — Honda Activa 125 mengalami pengembangan sekaligus menjadi skutik injeksi pertama Honda untuk pasar India. 

Seiring pemberlakukan regulasi emisi gas buang BS6 (Bharat Stage 6) yang akan berlaku di India pada 2020, Honda pun mulai gencar 'merapihkan' produk-produk yang dipasarkan di negeri sari tersebut. Salah satunya diperlihatkan pada Honda Activa 125. 

Skutik yang sudah dikenal lama oleh masyarakat India ini sekarang dibekali mesin eSP dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi (PGM-FI). Tak hanya itu, Honda juga menerapkan sistem tumble flow pada intake guna memaksimalkan efisiensi BBM (bahan bakar minyak). 

Selain diklaim meningkatkan keiritannya menjadi 10% dari sebelumnya (mesin karburator), Honda menyebut ini adalah teknologi pertama di dunia. Seperti pula skutik-skutik Honda kebanyakan, Honda Activa 125 juga sudah mengaplikasi teknologi idling stop system (ISS) dan ACG starter. 

Pengembangan pada komponen mesin pun turut dilakukan. Mulai dari penggunaan piston yang ringan hingga mengubah silinder menjadi offset guna mengurangi gesekan. Dengan begitu, kinerja mesin Honda Activa bakal lebih responsif. 

Sementara pada tampilan terkesan sama. Hanya saja, Honda telah mengganti sistem penerangan Honda Activa 125 dengan lampu LED dan dipermanis pula dengan aksen krom di beberapa bagian. Dari sisi kenyamanan, pemilik Honda Activa 125 tak perlu membuka jok saat melakukan pengisian BBM. Uniknya, tutup tangki bensin berada di bagian belakang jok. 

Selanjutnya, bagian kaki-kaki Honda Activa 125 dilengkapi suspensi depan teleskopik dan monoshock di bagian belakang. Sedangkan untuk penghenti laju, Honda masih mengandalkan rem cakram di depan tanpa memperkayanya dengan pengereman ABS (anti-lock Braking System) maupun CBS (Comby-Brake System). [Ary/Ari]  


Komentar