Honda Genio, Skutik Irit & Gaul dengan Harga Rp 17 Jutaan Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda Genio, Skutik Irit & Gaul dengan Harga Rp 17 Jutaan

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 21 Juni 2019

JAKARTA — Honda Genio 110 menjadi skutik baru PT Astra Honda Motor (AHM). Harga Honda Genio sendiri sekitar 17 juta rupiah. 

Kehadiran Genio sekaligus mematahkan rumor yang menyebut bahwa AHM akan merilis skutik baru bermesin 150 cc. Memang inspirasinya diambil dari sebuah prototipe G yang sempat dipamerkan PT AHM di Indonesian Motorcycles Show (IMoS) 2018. 

"Kami telah mempelajari preferensi pasar Indonesia melalui model konsep seperti yang Anda tahu bernama konsep G. Kami melihat bahwa model ini punya potensi untuk dipasarkan di Indonesia. Setelah melalui fase pengembangan yang panjang, hari ini (21/6) kami meluncurkannya dengan nama Honda Genio produk yang mewakili preferensi Gen Z," kata Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM saat peluncuran di Jakarta. 

Inuma menyebut Honda Genio dikembangkan sebagai produk skutik fashionable dengan best value dari sisi desain, performa, fitur maupun konsumsi bahan bakar yang irit, cocok untuk pemakaian harian. Identitas Honda Genio ditandai dari desainnya casual dan bodinya yang compact, sesuai untuk generasi muda. 

Meski terkesan simple, Honda Genio cukup modern dengan penggunaan lampu LED serta panel meter digital yang menyajikan berbagai informasi seperti penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar dan indikator ECO. Selain itu, ada pula sentuhan aluminium pada pijakan kaki pembonceng dan grip belakang. 

Honda Genio diklaim menggendong mesin terbaru, eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 8,8 hp di 7.500 rpm dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Dengan kemampuan tersebut,  Honda Genio mampu menempuh jarak 0-200 meter dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/ jam.

Kendati demikian, teknologi baru juga membuat mesin eSP Honda Genio lebih irit penggunaan bahan bakar. Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/ liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin generasi terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Performa mesin didukung dengan teknologi rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dyang pertama kali digunakan untuk kendaraan roda dua Honda di Indonesia. Frame ini menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan dan nyaman saat bermanuver. 

Rangka baru ini juga berperan memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas bagasi 14 L dan Kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L. Ini pula yang memudahkan pengendaliannya dengan ketinggian jok 740 mm dan step floor yang luas.

Skutik irit BBM (bahan bakar minyak) ini dipasarkan dalam dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna. Harga Honda Genio CBS Rp 17,2 juta OTR Jakarta (on-the road) dengan lima warna (Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red dan Smart Silver). Sementara harga Genio CBS-ISS Rp 17,7 juta dengan enam pilihan warna (Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial).

"Honda Genio diharapkan dapat menjadi pilihan generasi muda yang ingin tampil beda dalam mendukung aktivitas sehari-harinya baik ke sekolah, bekerja, maupun berkumpul bersama teman-temannya. Kami optimis kehadiran skutik terbaru Honda ini akan menjadi identitas dan tren baru yang disenangi masyarakat,” tutup Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM. [Ary/Idr]


Komentar