Honda Gelar Balap Virtual Pakai Civic Type R Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda Gelar Balap Virtual Pakai Civic Type R

Denny Basudewa
pada 18 June 2020

Foto: Honda Racing Simulator Championship

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) menggandeng HM Engineering untuk menggelar kejuaraan simulator balap secara online.

Honda Racing Simulator Championship (HRSC) adalah kejuaraan balap online yang pertama kalinya digelar oleh sebuah pabrikan mobil di Indonesia. Kegiatan ini sekaligus menegaskan komitmen HPM dalam mempopulerkan olahraga balap di Tanah Air.

Berkolaborasi dengan HM Engineering, balap virtual ini menggunakan simulator balap Rfactor 2. Perangkat lunak ini dikatakan salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara yang paling mendekati nyata. Sehingga setiap peserta akan merasakan setiap gerakan seperti aslinya.

“Kejuaraan ini sejalan dengan semangat ‘Everyone Can Race’, agar semakin banyak orang yang dapat menikmati balapan, bukan hanya di lintasan balap namun dari rumah masing-masing. Ajang ini semakin tepat digelar dalam kondisi menuju normal baru, di mana masyarakat semakin terbiasa menggunakan platform digital sehari-hari,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing &Sales Director PT HPM.

Balapan sendiri menggunakan konsep One Make Race (OMR) dan setiap peserta menggunakan Honda Civic Type R Sport Version. Setiap peserta akan berlomba di enam seri di sirkuit virtual yakni Suzuka (Jepang), Sepang (Malaysia), Silverstone (Inggris), Interlagos (Brazil), Zaandvoort (Belanda), dan Estoril (Portugal).

Kejuaraan ini digelar terbuka untuk umum dan pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Juni hingga 4 Juli 2020 pukul 13.00 WIB. Adapun kompetisi sendiri akan mulai digelar pada 4 Juli hingga 29 Agustus 2020. Setiap serinya dapat disaksikan secara langsung melalui akun Youtube dan Facebook @hondaisme.

Pada tahap kualifikasi awal, dicari 60 peserta yang kemudian akan dimasukkan ke dalam dua kategori berbeda yakni Profesional dan Amateur, dengan jumlah masing-masing 30 peserta. Total hadiah yang disediakan oleh HPM sebesar Rp 65 juta dan akan diberikan pada lima orang terbaik dari masing-masing kelas.

Untuk kelas Profesional juara pertama akan mendapat hadiah sebesar Rp 20 juta, juara kedua Rp 10 juta dan juara ketiga Rp 8 juta, juara keempat Rp 6.5 juta dan juara kelima Rp 5.5 juta.

Sementara juara pertama di kelas Amateur berhak mendapat hadiah Rp 5 juta, juara kedua Rp 4.5 juta dan juara ketiga Rp 3 juta, juara keempat Rp 2 juta dan juara kelima Rp 1 juta. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat mengunjungi laman resmi Honda Prospect Motor. [Dew/Idr]


Komentar