Honda Gandeng Repsol Hingga MotoGP 2020 Share this
MotoGP
Mode baca

Honda Gandeng Repsol Hingga MotoGP 2020

Denny Basudewa
pada 09 Juli 2018

Foto: Repsol Honda

ASSEN – Tim pabrikan Honda dikabarkan tetap menggandeng Repsol sebagai sponsor utamanya hingga MotoGP 2020.

Repsol secara resmi bekerja sama dengan Honda selama belasan tahun. Kolaborasi kedua belah pihak pertama kali dimulai pada 1995 dan mengusung Mick Doohan dan Alex Criville. Perpaduan ini menorehkan sejarah manis dengan berhasil meraih 5 gelar juara dunia selama lima kali berturut-turut.

Usai Doohan pensiun, Criville meneruskan tongkat estafet pada musim berikutnya. Namun pembalap Spanyol tersebut terkendala masalah fisik sehingga tidak bisa melanjutkan karirnya. Era kesuksesan Repsol Honda kemudian dilanjutkan oleh Valentino Rossi.

Bersama Honda, The Doctor memenangkan begitu banyak balapan. Dominasi Rossi menghasilkan gelar juara dunia sebanyak tiga kali di kelas para raja. Usai Rossi pindah ke Yamaha, perolehan gelar sempat berganti-ganti dan Repsol Honda kembali menjadi yang teratas usai mengantarkan Nicky Hayden.

Prestasi Repsol Honda masih belum habis karena dilanjutkan oleh Casey Stoner pada MotoGP 2011. Stoner pensiun kemudian tongkat estafet itu kini dipegang Marc Marquez. Banyaknya prestasi Honda di dunia balap MotoGP itulah yang membuat Repsol merasa betah menjadi sponsor utama.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kejelasan tentang durasi kontrak Honda dan Repsol. Namun yang pasti kerja sama yang sudah terjalin selama 15 tahun tersebut akan tetap dipertahankan.

Sebuah sumber mengatakan bahwa Repsol akan terus mendampingi Honda dengan kontrak baru hingga 2020. Adapun kontrak lamanya akan habis pada akhir musim MotoGP 2019. Kedatangan Jorge Lorenzo musim depan juga digadang-gadang sebagai penguat keyakinan Repsol untuk terus menjadi sponsor utama.

Sementara Yamaha MotoGP digosipkan akan berpisah dengan Movistar pada musim depan. Beberapa sumber mengatakan Yamaha menjalin kerja sama dengan Monster untuk MotoGP 2019. Tunggu kabar selanjutnya mengenai sponsor tim-tim MotoGP di Otospirit.com. [Dew/Ari]


Komentar