Honda Dream Cup 2019 Lebih Seru, Ada Kelas Supermoto dan Matik Share this
Balap Lain
Mode baca

Honda Dream Cup 2019 Lebih Seru, Ada Kelas Supermoto dan Matik

Ary Dwinoviansyah
pada 02 Mei 2019

JAKARTA — Balap Honda Dream Cup (HDC) 2019 dibuat lebih seru dan meriah dengan adanya penambahan 6 kelas baru. 

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar balapan khusus alias one make race (OMR) mereka guna menjaring talenta balap Tanah Air. Tak hanya konsisten, APM (agen pemegang merek) Honda di Indonesia ini juga menambah jumlah kategorinya dengan total menjadi 11 kelas. 

Enam kelas utama yaitu Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Seeded (HDC-1), Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Pemula (HDC-2), Honda Sonic 150R/Supra GTR Standar Pemula U-16 (HDC-3), Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Standar Pemula U-12 (HDC-4), Honda CBR150RR Standar Seeded (HDC-5) dan Honda CBR150RR Standar Pemula (HDC-6) tetap dipertahankan. 

Namun, pada HDC 2019 ini terdapat enam kelas baru memeriahkan ajang balap tahunan ini dan memperlebar kesempatan para penggemar balap jenis lain yang ingin berpartisipasi. Adu supermoto misalnya, menjadikan HDC sebagai ajang yang pertama melombakan kelas ini di Indonesia di bawah payung OMR. 

Untuk kategori ini akan hadir kelas Honda CRF150L Supermoto Standar Open main dealer/ dealer (HDC-8) dan Honda CRF150L Supermoto Tuneup s/d 180 cc Open (HDC-9). Di samping itu, ada kelas lainnya yakni Honda Supra GTR150 Standar Open main dealer/ dealer (HDC-7), Honda Matic Standar s/d 130cc Open (HDC-10) dan Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-11). Khusus region  di luar Jawa ada pula penambahan kelas Jawa HDC-11 (Honda Matic Tune up s/d 150cc Open).

A Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analysis PT AHM mengatakan HDC diselenggarakan secara kontinyu oleh perusahaan demi memberikan ruang lebih luas untuk penggemar balap dalam mengaktualisasikan diri. Tahun ini, kelas-kelas baru yang dihadirkan di HDC diharapkan dapat menambah keseruan serta level kompetisi di ajang balap ini.

"Kami juga ingin lebih memperlebar semangat balap di Indonesia lewat kota-kota yang baru menyelenggarakan HDC tahun ini. Ruang ini pun sejalan dengan pengembangan teknis tim balap agar semakin kompetitif di event regional maupun nasional,” ujar Indraputra.

Delapan kota akan disinggahi untuk memberikan ruang lebih luas kepada para penggiat balap nasional, sekaligus menjaring bibit pebalap berbakat. Masing-masing terbagi dalam empat region yakni Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa.

Balap pembuka akan dilakukan dari region Jawa, yakni kota Malang (30 Juni). HDC berlanjut ke Banjarbaru (7 Juli), Pekanbaru (25 Agustus), Purwokerto (8 September), Medan (29 September), Pangkep (27 Oktober), Samarinda (10 November). Seri terakhir diselenggarakan di Cimahi (24 November). Sejumlah pebalap terbaik dari region-region tersebut berhak mengikuti putaran Grand final di Cimahi dan menatap gelar juara umum HDC 2019. [Ary/Idr]


Komentar