Honda dan GM akan Produksi Mobil Fuel Cell Mulai 2020 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda dan GM akan Produksi Mobil Fuel Cell Mulai 2020

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 31 Januari 2017

Foto: Honda dan GM akan Produksi Mobil Fuel Cell Mulai 2020

TOKYO - General Motors (GM) dan Honda bekerjasama dalam mengembangkan mobil fuel cell untuk pasar Amerika Serikat. Kedua perusahaan besar ini berencana produksi mobil ramah lingkungan tersebut mulai 2020.

Janji Presiden Amerika Donald Trump untuk menciptakan lingkungan hijau melalui mobil ramah lingkungan menjadi salah satu faktor kerjasama kedua perusahaan itu.

Namun sebelum Donald Trump terpilih, ternyata General Motors telah memiliki visi misi membuat kendaraan bergerak otomatis (otonom) yang ramah lingkungan. Artinya memperlancar rencana Honda dan GM memproduksi mobil fuel cell.

Seperti kita ketahui, GM sendiri telah bekerjasama dengan Lyft dalam mengembangkan teknologi kendaraan masa depan ini. Mark Reuss selaku Executive General Motors menegaskan bahwa teknologi fuel cell dapat lebih mudah diaplikasikan untuk yang direncanakan bahkan kendaraan militer dan kendaraan luar angkasa.

Dikabarkan bahwa produsen otomotif asal AS dan Jepang itu akan mewujudkan visi misi mereka dengan memanfaatkan pabrik GM Brownstown, Michigan. Investasi sebesar US$ 85 juta telah disiapkan guna memproduksi kendaraan fuel cell.

Sedangkan Honda sudah berpengalaman membuat kendaraan fuel cell yaitu Clarity. Dengan kepiawaian masing-masing perusahaan maka akan memudahkan dalam memproduksi mobil fuel cell dari GM dan Honda, tinggal bagaimana menyiapkan infrastruktur yang memadai.

"Amerika Serikat telah meminta untuk menaikkan produksi kendaraan-kendaraan fuel cell sehingga kami telah memutuskan untuk memproduksi mobil ramah lingkungan ini di sana," tutur Teruhiko Tatebe, juru bicara Honda di Tokyo. [Amo/Ikh]

Sumber: Reuters


Komentar