Honda 'CRF' Bertenaga Listrik Muncul di Jepang Share this
Motor Konsep
Mode baca

Honda 'CRF' Bertenaga Listrik Muncul di Jepang

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 25 Maret 2019

TOKYO — Motor penggaruk tanah bernama Honda CR Electric ini tampil lebih compact, meski mengadopsi desain milik Honda CRF 250. 

Honda menampilkan beberapa model sepedamotor listriknya di arena Tokyo Motorcycle Show 2019. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah keberadaan Honda CR Electric ini. 

Sekilas tampilannya sangat mirip dengan Honda CRF 250 yang sudah dirilis pihak pabrikan. Namun, motor prototipe ini hadir lebih sederhana. Tentu saja lantaran tak adanya knalpot. Sedangkan bagian mesinnya kini berganti dengan paket motor listrik dan juga baterai sebagai pembangkit tenaganya. 

Sayang, keberadaannya di sana tak diikuti dengan informasi seputar kapasitas baterai, bobot serta performanya. Tapi, kabarnya baterai tersebut merupakan hasil kolaborasi Honda dengan Panasonic. 

Sementara pengembangan pada motor listrik Honda CR Electric adalah garapan dari Mugen. Ini wajar karena sebelumnya mereka juga sudah punya motor listrik bernama Mugen Shinden. Motor listrik berspesifikasi superbike itu bahkan cukup kompetitif di arena Isle of Man TT beberapa tahun silam.  

Meski begitu, Honda CR listrik ini masih menggunakan beberapa perangkat bawaan Honda CRF 250 seperti sasis aluminium twin-spar, suspensi depan Showa dan perangkat rem a la Nissin. Tapi, belum diketahui kapan Honda akan memasukkan CR listrik ini ke jalur produksi. 

Jelas akan menjadi penawaran menarik bagi masyarakat jika model ini menjadi produk massal. Mengingat Honda sendiri sudah punya punya infrastruktur, baik baterai maupun charging station. [Ary/Idr]  


Komentar