Honda CR-V Hybrid Diklaim Punya Konsumsi BBM 19 km/Liter Share this
Mobil Baru
Mode baca

Honda CR-V Hybrid Diklaim Punya Konsumsi BBM 19 km/Liter

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 28 September 2018

PARIS - Honda CR-V Hybrid akan menjadi salah satu unit yang dipajang Honda pada pameran Paris Motor Show 2018 sekaligus menjadi SUV hybrid pertama Honda di Eropa. 

Honda mendatangkan setidaknya tiga model anyar di pameran otomotif yang akan berlangsung 4 Oktober 2018 mendatang. Paling istimewa adalah keberadaan Honda CR-V Hybrid karena ini menjadi SUV hybrid pertama Honda di kawasan Eropa.

Model ini diklaim menyajikan performa tinggi dan konsumsi bahan bakar efisien. Teknologi Hybrid i-MMD yang disematkan pada Honda CR-V Hybrid ini juga mampu mengatur tiga mode berkendara yaitu EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive secara otomatis. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan pasokan BBM dan juga tenaganya.

Jelang penampilan perdananya nanti, Honda mengumumkan hasil uji emisi CO2 dan hasil tes efisiensi BBM dari kedua varian all-new Honda CR-V Hybrid. Pertama adalah Honda CR-V Hybrid berpenggerak roda depan. Berdasarkan pengujian NEDC, tipe ini mencatat emisi CO2 sebesar 120 g/km dan konsumsi bahan bakar rata-rata 5,2 liter / 100 km atau setara 19 km/liter. Sementara tenaga yang dihasilkannya adalah 181 hp.

Sedangkan unit Honda CR-V Hybrid all-wheel drive (AWD) menorehkan hasil lebih baik. Varian ini menghasilkan emisi CO2 sebesar 126 g/km dan konsumsi bahan bakar rata-rata 5,5 liter/ 100 km atau setara 18 km/liter.

Selain Honda CR-V Hybrid, Honda juga memamerkan wajah baru Honda HR-V 2019 yang kian stylish. Desain "Solid Wing Face" semakin diperkuat dengan panel mengkilap berwarna dark chrome pada bagian atas Front Grille.

Saat peluncurannya di Paris Motor Show 2018 nanti, Honda HR-V 2019 akan ditawarkan dalam satu varian dulu yaitu 1.5-liter i-VTEC. Dua varian lainnya, 1.5-liter VTEC Turbo atau 1.6-liter i-DTEC Diesel akan menyusul pada musim semi tahun depan.

Tidak hanya itu, Honda juga bekerjasama dengan sekolah desain Jepang yang berbasis di Perancis yaitu Human Academy Europe, dengan menggelar kompetisi desain mobil Civic Type R. Tema "Art Car" yang terinspirasi dari seni manga atau komik Jepang pun dipilih sebagai dasar penggarapannya.

Kontes tersebut akan diikuti oleh para murid sekolah tersebut. Desain terpilih akan diaplikasikan langsung ke bodi mobil Civic Type R dan ditampilkan pada ajang Paris Motor Show 2019.

Sementara itu, untuk menegaskan komitmen Honda terhadap olahraga balap, mobil Scuderia Toro Rosso STR13 Formula One yang dibekali mesin RA618H juga turut dipamerkan bersama dengan Honda NSX GT3 dan Honda NSX.

Honda NSX GT3 telah berkompetisi di tiga kontinen dalam Honda Customer Racing Program dan balap SPA 24 Hours Race pada Juli 2018. Sebelumnya Honda juga pernah berkompetisi di ajang serupa, 25 tahun silam. [Ary/Ari]


Komentar