Honda CR-V 2017 dengan Mesin Turbo Share this
Mobil Baru
Mode baca

Honda CR-V 2017 dengan Mesin Turbo

Indra Prabowo
pada 14 Oktober 2016

Foto: All-new Honda CR-V akan hadir di IIMS 2017

TORRANCE – Honda CR-V 2017 menawarkan aura lebih agresif setelah didesain dan direkayasa ulang oleh Honda.

Desain baru eksterior Honda CR-V 2017 diikuti dengan kabin lebih premium dari model sebelumnya.

American Honda menjadwalkan SUV terlaris di Amerika Serikat ini akan dijual mulai musim dingin 2017. Sejak dijual di Amerika Serikat tahun 1997, penjualan Honda CR-V telah mendekati 4 juta unit.

Sosok agresifnya bisa terlihat dari kedua lampu-utama, grille dan bumper baru, serta fender lebar dan berotot. Kedua lampu-utama (headlight) dikelilingi oleh LED DRL (daytime running lights).

Kap mesin yang panjang, wheelbase lebih panjang, overhang belakang lebih pendek serta sepasang pipa knalpot di buritan menambah kesan agresif.

Masih dari bagian depan, untuk varian Touring, Honda memasang lampu-utama LED. Honda pun untuk pertama kalinya mengaplikasi Active Shutter Grille guna meningkatkan aerodinamika. Mobil semakin gagah dengan roda alumunium alloy 17” atau 18” (bergantung varian).

Hands-Free Access Power Tailgate untuk pertama kalinya dipakai di mobil-mobil Honda. Dengan fitur ini pemilik mobil tak perlu tangan mereka untuk membuka atau menutup pintu bagasi, pemilik mobil tinggal menggoyangkan kaki di depan sensor yang berada di belakang mobil.

Satu hal yang tidak kalah penting dari pembenahan kali ini adalah penggunaan mesin turbo di beberapa varian tertentu. Jantung mekanis 1.5 liter turbo direct injection 4-silinder menghasilkan tenaga 190 hp. Dengan perkawinan antara tubuh aerodinamis dan mesin turbo, Honda yakin Honda CR-V 2017 akan menjadi mobil teririt di kelasnya.

Pilihan mesin satu lagi adalah 2.4 liter DOHC, direct-injected i-VTEC. Kedua pilihan mesin dikencani oleh continuously variable transmission (CVT) dengan Honda G-Shift control logic.

Dengan chassis dan tubuh serba baru, Honda CR-V menjadi lebih lincah dan percaya diri dalam urusan handling. Bahkan ground clearance-nya pun lebih tinggi dari model sebelumnya.

Suspensi depan MacPherson strut dan suspensi belakang multi-link plus stabilizer bar membuat mobil menikung lebih tajam. Sementara untuk memberikan rasa mengemudi lebih lezat, Electric Power Steering (EPS) diaplikasi.

Peningkatan di sektor eksterior, tubuh dan chassis diimbangi dengan penyegaran di bagian interior. Kini kabinnya menjadi lebih premium dengan dashboard dan meter cluster baru, layarsentuh 7-inch Display Audio berbasis Android, serta pemakaian bahan-bahan lebih berkualitas.

Honda mengatakan CR-V 2017 dilengkapi dengan remote engine start, Electric Parking Brake (EPB), dual-zone climate controls, USB charging ports di belakang, jok-jok depan berpemanas, serta kedua kaca spion berpemanas.

Berbicara mengenai fitur keselamatan Honda CR-V tak perlu dicemaskan karena Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking (CMBS) with Forward Collision Warning (FCW) and pedestrian sensing capability, Road Departure Mitigation (RDM) with Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with low-speed follow and Lane Keeping Assist (LKAS), hadir setia menemani Anda. Bantuan-bantuan tambahan untuk pengemudi berupa Blind Spot Information (BSI), Rear Cross Traffic Monitor (CTM) dan Auto High Beam (HSS) headlights.

Honda CR-V akan diproduksi di 3 lokasi pabrik di Amerika Utara: East Liberty, Ohio; Alliston, Ontario, Canada; dan untuk pertama kalinya di Greensburg, Indiana. Mesinnya akan diproduksi di Anna, Ohio dan di Alliston, Ontario, dengan CVT diproduksi di Russells Point, Ohio.

Harga Honda CR-V 2017 belum dirilis. [Idr]

Lebih lanjut di Otospirit
Honda CR-V 2017 dengan Mesin Turbo


Komentar