Honda Clarity Tembus 589 Kilometer Sekali Isi Share this

Honda Clarity Tembus 589 Kilometer Sekali Isi

Denny Basudewa
pada 25 Oktober 2016

Foto: Honda Clarity

CALIFORNIA – Hari ini Honda mengumumkan bahwa mobil hidrogennya yakni Clarity mampu menempuh 589 kilometer sekali pengisian.

Hasil yang diraih Honda Clarity ini cukup mengagumkan karena berhasil mengalahkan beberapa produsen lainnya. Tesla S P100D yang merupakan kendaraan berbahan bakar listrik hanya mampu menempuh jarak 315 miles atau 506 kilometer.

Sedangkan Toyota Mirai yang sama-sama berbahan bakar hidrogen hanya mampu menempuh jarak 312 miles atau 502 kilometer. Dengan 68 MPG atau setara 28 km/l, Honda Clarity Fuel Cell diklaim kendaraan paling irit, namun hasil ini tidak berlaku jika berdasarkan metode EPA (Environmental Protection Agency).

Titel mobil paling irit hingga saat ini masih digenggam oleh BMW i3. Mobil buatan Jerman ini mampu melaju sejauh 124 MPG atau setara 52 km/l. Mobil hydrogen Honda ini dikabarkan akan segera diluncurkan di Eropa pada penghujung tahun 2016.

Di Tanah Air, Honda Clarity baru sebatas dipamerkan oleh PT Honda Prospect Motor di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Jangankan kendaraan hidrogen, kendaraan berbasis hybrid saja masih kurang peminatnya di Indonesia. [Dew/Ikh]


Komentar