Honda Civic Type R Cetak Rekor Lagi di Lintasan Balap Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda Civic Type R Cetak Rekor Lagi di Lintasan Balap

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 03 July 2018

SILVERSTONE - Honda Civic Type R sukses mencetak rekor baru ketiganya setelah melahap Sirkuit Silverstone, Inggris dalam waktu 2 menit 31,32 detik.

Melanjutkan dua aksi sebelumnya, ajang Honda Civic Type R Challenge 2018 kini menyasar lintasan balap di Inggris itu sebagai sasaran. Tujuan utamanya adalah memperlihatkan performa dari mesin 2.0 L VTEC Turbo milik Honda Civic Type R 2018.

Alhasil, sirkuit sepanjang 5,89 km itu sukses dilahap lebih cepat dari pencapaian sebelumnya. Matt Neal, pembalap BTCC 2018 yang juga membalap dengan mobil tersebut. Pembalap Halfords Yuasa Racing itu mengandalkan mode +R dan juga adaptive damper system ketika melalui tikungan-tikungan Silverstone.

"Saya merasa bahwa keunggulan Type R terlihat saat digunakan dalam kecepatan tinggi di tikungan. Stabilitas, desain yang aerodinamis dan sistem suspensi yang canggih membuat saya lebih percaya diri di lintasan. Mobil ini merupakan yang terbaik di kelasnya dengan platform yang sepenuhnya baru dibandingkan generasi sebelumnya," kata Neal.

Matt Neal Matt Neal bersama Honda Civic Type R 2018

Dia juga mengatakan Honda telah memperbaiki setiap aspek mulai dari stabilitas handling dengan suspensi multi-link, aspek aerodinamika, pusat gravitasi lebih rendah, kemudi lebih presisi serta peningkatan tenaga dan akselerasi.

Generasi terbaru Honda Civic Type R diklaim tetap mempertahankan karakter mobil Hatchback dengan akselerasi tercepat dan tertinggi di kelasnya. Generasi kesepuluh Honda Civic ini juga didesain untuk memberikan pengalaman balap paling memuaskan baik di jalanan maupun lintasan balap.

Honda Civic Type R memiliki struktur bodi yang ringan, kokoh, pusat gravitasi yang rendah serta didukung dual-axis strut front suspension system untuk mengurangi efek torque steer dan meningkatkan pengendalian di tikungan.

Sebelumnya, beberapa pembalap utusan Honda juga sukses menorehkan rekor di Sirkuit Magny-Cours dan Spa-Francorchamps. Honda Civic Type R Challenge 2018 bakal dilakoni oleh Jenson Button (pembalap F1 dan NSX Super GT) serta Tiago Monteiro (pembalap WTCR). [Ary/Ari]


Komentar