Honda Civic Type R Buktikan Performanya di Perancis Share this
Mobil Baru
Mode baca

Honda Civic Type R Buktikan Performanya di Perancis

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 17 Mei 2018

MAGNY-COURS - Honda Civic Type R kembali membuat catatan baru dan kali ini dilakoninya di Sirkuit Magny-Cours GP, Perancis.

Tahun ini, Honda mengusung misi pemecahan rekor yang akan dilakukan Honda Civic Type R. Di event bertajuk "Type R Challenge 2018" itu, Honda berencana membuat waktu tercepat di lima sirkuit ternama Eropa.

Tugas pertama Honda Civic Type R sudah berjalan di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Mobil ini pun sukses menyandang titel sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit tersebut.

Beberapa waktu lalu, mobil ini kembali dipacu di Sirkuit Magny-Cours GP, Perancis. Esteban Guerrieri yang mengendarainya dalam kondisi standar sanggup mencatat lap time 2 menit 1,51 detik. Padahal, lay out trek yang dilalui pembalap WTCR dan FIA World Touring Car Cup 2018 dari tim Münnich Motorsport ini cukup tricky.

"Hal terbaik dari Civic Type R adalah ia mampu memberikan saya rasa percaya diri. Mobil ini sangat responsif dan memiliki handling yang maksimal. Orang-orang menyebut Civic Type R sebagai mobil hatchback dengan performa mumpuni. Hari ini kita telah membuktikan bahwa hal itu benar adanya, Civic Type R terus menembus batas dari sebuah mobil berpenggerak roda depan," ujar Guerrieri.

Ia juga mengatakan meski mengendarai Honda Civic Type R standar, Guerrieri sangat terbantu dengan fitur +R mode. Terutama saat melahap tikungan-tikungan sirkuit sepanjang 4,4 km tersebut. Ditambah lagi performa mesin 2.9 L VTEC Turbo bertenaga 315 hp dan torsi 400 Nm. Kelincahan Civic Tye R juga maksimal berkat pengaplikasian adaptive damper system.

Selain Guerrieri, Honda juga sudah menyiapkan beberapa pembalap unggulan seperti Jenson Button (Juara F1 dan pembalap NSX Super GT), Tiago Monteiro (pembalap WTCR), Bertrand Baguette (pembalap NSX Super GT) dan pembalap asal Inggris, Neal Matt yang merupakan pembalap BTCC. [Ary/Ari]


Komentar