Honda Civic Type R bikin Geger Australia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda Civic Type R bikin Geger Australia

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 13 May 2019

MELBOURNE — Honda Civic Type R bersama sang pengendaranya yaitu Jenson Button bikin geger karena mencetak sejarah baru di Sirkuit Mount Panorama, Australia. 

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50, Honda Australia mengangkat konsep serupa untuk membuktikan performa Civic Type R di sirkuit balap. Ini juga sekaligus pertama kalinya Type R Challenge diadakan di luar wilayah Eropa dan Sirkuit Mount Panorama adalah salah satu trek yang dinilai cocok untuk menguji kemampuan generasi terbaru Civic Type R.

Jenson Button dipilih sebagai salah satu dari lima pembalap pilihan Honda. Selain itu, Legenda balap Formula 1 ini juga pernah membuat lap time tercepat di Mount Panorama yaitu 1 menit 48,8 detik menggunakan mobil F1 di ajang Australia Grand Prix tahun 2011.

Kini, Ia kembali memecahkan rekor lap time dengan menggunakan Honda Civic Type R. Button mampu mencatatkan waktu 2 menit 35,207 detik di trek dengan panjang 6.213 km dan 23 tikungan tersebut menggunakan mobil berpenggerak roda-depan dan spesifikasi standar pabrikan. 

Catatan waktu itu diperoleh Button melalui 14 lap dalam sesi sepanjang satu jam di pagi hari serta sesi sepanjang 10 menit di sore hari. Dengan mengandalkan pengalaman balapnya selama 17 tahun di 306 ajang balap, Button dapat melibas trek sulit di Bathrust ini. 

"Saat mencapai puncak, Type R dapat melaju dengan sangat cepat. Sehingga sangat menyenangkan ketika saya sudah terbiasa dengan ritme dan pengendalian kecepatannya. Catatan waktu 2 menit 35 detik adalah pencapaian sangat baik untuk mobil berpenggerak roda-depan dan dalam cuaca panas. Saya pikir apabila cuacanya dingin maka mobil ini dapat sedikit lebih kencang. Tetapi saat ini saya sudah mendapatkan semua yang saya butuhkan dalam sebuah mobil. Civic Type R adalah mobil yang sempurna untuk mengikuti tantangan time attack dan sebagai mobil dengan standar produksi massal, tentu pencapaian 2 menit 35 detik sangat fantastis," ucap Button.

Generasi terbaru Honda Civic Type R telah didesain untuk memberikan pengalaman berkendara yang mengesankan di segmen hot hatch. Mobil tersebut mempertahankan ciri khas Honda sebagai mobil hot hatch berperforma tinggi, mengkombinasikan sasis penggerak roda depan yang dinamis dengan desain agresif juga aerodinamis.

"Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan sebagai salah satu sirkuit balap Australia, sehingga menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia untuk mengikuti tantangan time attack di sirkuit ini bersama Civic Type R, terutama dengan Jenson dibalik kemudi," ujar Stephen Collins, Direktur Honda Australia. [Ary/Idr]


Komentar