Honda Civic dan Volvo XC90: 2 Mobil Terbaik di Amerika Utara Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda Civic dan Volvo XC90: 2 Mobil Terbaik di Amerika Utara

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 12 January 2016

DETROIT - Setiap tahun pencarian mobil terbaik dilakukan. Dan di Amerika Utara ternyata bukan mobil-mobil Amerika yang jadi yang terbaik, tapi mobil Jepang dan Swedia yang mendapat gelar North American Car of the Year 2016.

Menurut panelis juri, pemilihan kali ini merupakan salah satu pemilihan tersulit karena skor akhir para pemenang begitu dekat.

Untuk mendapat predikat North American Car of the Year 2016, Honda Civic harus mengalahkan dua rival yang menjadi finalis yakni Mazda MX-5 Miata dan Chevrolet Malibu.

"(Honda Civic) Ini benar-benar menetapkan patokan untuk ketenangan, kelancaran di kelas mobil kompak," kata anggota komite NACTOY John McElroy seperti dikutip Detroit News.

Volvo_XC90

Di sisi lain, para juri memilih North American Truck of the Year 2016 yang direbut oleh Volvo XC90. Mobil Swedia ini mengalahkan Honda Pilot dan Nissan Titan sebelum merebut mahkota. Tidak ada brand asal Detroit.

Lebih lanjut dijelaskan kalau kedua penghargaan itu dimaksudkan untuk mengenali mobil dan truk yang menetapkan standar baru di kelas di mana mereka berada.

Ada 57 wartawan dari Amerika Serikat dan Kanada yang mengevaluasi puluhan kendaraan dengan melihat berbagai faktor, termasuk nilai dolar, inovasi, handling, kinerja, keselamatan dan kepuasan pengendara.

Pada tahun 2015 lalu duet Ford F-150 dan Volkswagen Golf/GTI yang memenangkan penghargaan. Sedangkan pada 2014, Chevrolet menyapu bersih penghargaan dengan Corvette dan Silverado.

Pabrikan Detroit yang menjadi tempat pagelaran acara ini sendiri menyapu bersih penghargaan delapan kali yakni pada 1995, 1996, 2005, 2007, 2010, 2011, 2013 dan 2014 sejak penghargaan mulai lebih dari 20 tahun yang lalu di North American International Auto Show. [Syu/Idr]


Komentar