Honda CBR 1000 RR SP 2 Andalan Tim HRC di Suzuka 8 Hour Share this
Balap Lain
Mode baca

Honda CBR 1000 RR SP 2 Andalan Tim HRC di Suzuka 8 Hour

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 29 Juni 2018

TOKYO - Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan line up tim sekaligus pembalap yang akan turun di Suzuka 8 Hour menggunakan Honda CBR 1000 RR SP 2.

Jelang perhelatan balap ketahanan 8 jam di Sirkuit Suzuka (Jepang) bulan depan, HRC sudah menyiapkan 8 tim dengan tunggangan serupa. Tahun ini, tim Red Bull Honda menjadi pasukan unggulan dengan tiga pembalapnya yaitu Takumi Takahashi, pembalap WSBK Leon Camier serta rider MotoGP Takaaki Nakagami.

Dukungan terhadap tim tersebut terlihat dimana HRC membekalinya dengan mesin bernama CBR 1000 RRW. Meski basisnya berasal dari CBR 1000 RR SP 2, tentunya ada item yang membedakan tunggangan mereka dari tujuh tim lain. Namun, motor ini diklaim mengadopsi basis rangka dari motor andalan Honda di MotoGP yakni Honda RC213V.

Nakagami menyatakan bangga bisa masuk sebagai tim inti. Restrukturisasi ini juga meyakinkannya untuk bisa meraih hasil lebih baik di gelaran tahun ini.

"Sistem tersebut bisa memudahkan saya untuk menang. Saya rasa mesin ini juga potensial dan didukung pula komitmen dari staf. Tiga pembalap akan bekerjasama untuk menjadi juara," ujar Nakagami yang saat ini membalap di tim LCR Honda MotoGP.

Sementara itu, tim Honda lainnya juga turut diisi para pembalap potensial dari kejuaraan dunia. Sebut saja Alan Techer, Josh Hook, Isaac Vinales, Dominique Aegerter serta rider tuan rumah yang notabene fasih dengan lintasan Suzuka.

Ajang Suzuka 8 Hour 2018 juga menjadi debut bagi pembalap Indonesia, Andi Farid Izdihar membalap bersama Honda CBR 1000 RR SP 2. Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) itu bakal tampil bersama Zaqhwan Zaidi dan Troy Herfoss dengan nomor 22.

Pada 2015 lalu, pembalap dengan sapaan akrab Andi Gilang ini sempat mencicipi persaingan di bapal ketahanan tersebut. Kali itu, Ia dan rekannya Aditya Pangestu berhasil meraih podium kedua di kategori Suzuka 4 Hour. [Ary/Ari]


Komentar