Honda Berikan Dua Motor Balap Sebagai Kado Perpisahan Pedrosa Share this
MotoGP
Mode baca

Honda Berikan Dua Motor Balap Sebagai Kado Perpisahan Pedrosa

Ary Dwinoviansyah
pada 11 Desember 2018

MOTEGI - Dani Pedrosa mendapatkan kado perpisahan berupa dua unit motor balap Honda RS250RW dan RC212V dari Honda Motor Company.

Acara Honda Racing Thanks Day 2018 yang berlangsung di Sirkuit Motegi, Jepang menjadi arena perpisahan Pedrosa bersama Honda. Seperti kebiasaan, pada ajang tersebut Ia dan pembalap lain juga melahap trek Motegi dengan beberapa motor. Termasuk pula dua motor tunggangannya di masa lalu.

Seperti diketahui, Honda RS250RW punya sejarah bagi karir Pedrosa. Bersama motor tersebut, Little Samurai berhasil memenangkan dua titel juara dunia kelas GP250 di tahun 2004 dan 2005.

Setahun kemudian (2006), Pedrosa naik ke kelas MotoGP dengan senjata Honda RC211V (990 cc). Namun, performa pria 33 tahun tersebut baru terlihat di MotoGP 2007 dengan tunggangan Honda RC212V (800 cc). Selama 5 musim membalap dengan motor itu, Pedrosa mencatat prestasi terbaik dua kali sebagai runner up (2007 dan 2010).

Meskipun, selama 13 musim keikutsertaannya Pedrosa belum sekalipun menjadi juara dunia MotoGP. Namun, Pedrosa patut dijadikan bagian dari sejarah Honda. Pasalnya, Dia merupakan saksi dari pengembangan motor balap Honda. Dari era 990 cc, 800 cc hingga 1.000 cc (Honda RC213V).

Wajar pula jika Honda memberikan kedua motornya tersebut sebagai hadiah perpisahan untuk Pedrosa. Dan, perheletan kali itu menjadi tugas terakhirnya di Honda. Walau pensiun sebagai pembalap reguler, tahun depan Pedrosa masih akan tetap berkecimpung di MotoGP. Ia sudah menyepakati pekerjaan barunya sebagai test rider KTM. Dan, Pedrosa bakal melakoni tugas pertamanya pada sesi tes di Jerez, Spanyol 18-19 Desember 2018.

Tak seorang diri, pada acara tersebut pihak Honda juga turut mengundang para pembalap mereka di berbagai ajang balapan. Termasuk pula kehadiran pembalap tim satelit Honda, Takaaki Nakagami. Sayang, Marc Marquez absen di event tahun ini karena masih menjalani pemulihan pasca operasi tulang selangkanya. [Ary/Ari]


Komentar