Honda Ajak Panasonic Jalankan Program Kendaraan Listrik di Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda Ajak Panasonic Jalankan Program Kendaraan Listrik di Indonesia

Ary Dwinoviansyah
pada 16 Juli 2018

TOKYO - Honda dan Panasonic akan menyediakan perangkat charging station (stasiun pengisian) berikut baterai untuk kendaraan listrik di beberapa kota di Indonesia.

Kesepakatan antara Honda Motor dan Panasonic Corporation tersebut untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan pendirian perusahaan patungan antara keduanya di Tanah Air.

Honda menyebut Indonesia merupakan pasar sepedamotor terbesar ketiga di dunia. Tentu saja polusi udara menjadi permasalahan yang kemudian muncul dan kendaraan listrik bisa jadi jawabannya. Sementara pemerintah tengah merancang cara untuk memfasilitasinya, Honda sudah menyiapkan salah satu infrastruktur dengan menyediakan perangkat pengisian ulang berikut Mobile Power Pack.

Perangkat tersebut bakal berada di cukup banyak lokasi. Selain pengisian ulang baterai, Panasonic yang ditunjuk sebagai produsen baterai juga menyediakan baterai baru. Jadi, pemilik kendaraan listrik bisa menukar baterainya dengan baterai yang sudah terisi penuh.

https://www.youtube.com/watch?v=WoI2KTAIHPA

Proyek percobaan subsidi dari New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) Jepang ini rencananya akan berjalan Desember 2018 mendatang. Menurut keterangan Honda, eksperimen tersebut dilakukan di beberapa kota. Mulai dari Bandung (Jawa Barat) serta Kuta dan Badung (Bali).

Selain untuk kebutuhan mobilitas kendaraan listrik, perangkat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi peralatan elektronik lainnya.

Agar bisa memenuhi persyaratan tersebut, Honda dan Panasonic juga Pacific Consultants Co., Ltd. sudah menandatangi perjanjian untuk mendirikan perusahaan patungan bernama PT HPP Energy Indonesia. Baik Honda maupun Panasonic akan menjalankan program ini berdasarkan pengalaman masing-masing.

Honda termasuk salah satu produsen kendaraan listrik terlaris di mana mereka mampu menjual sebanyak 20 juta kendaraan listrik (mobil dan motor) dalam setahun. Sementara Panasonic punya keahlian layak dalam mengembangkan baterai berkualitas tinggi. [Ary/Ari]


Komentar