Sejarah 40 Tahun Honda Accord Share this
Berita Mobil
Mode baca

Sejarah 40 Tahun Honda Accord

Denny Basudewa
pada 09 Juli 2016

Foto: Generasi pertama Honda Accord di Amerika Serikat.

TORRANCE - American Honda Motor Company baru saja merayakan usia ke-40 tahun Honda Accord setelah pertama kali masuk ke pasar Amerika Serikat pada Juni 1976.

Pertama kali hadir di Negeri Paman Sam Amerika Serikat, Honda menciptakan Accord dengan model hatchback 3-pintu. Tidak terasa Honda Accord sudah memasuki usia 4 dekade di dunia.

Pada 1 November 1982, Honda Accord merupakan satu satunya mobil asal Jepang yang dirakit di Amerika, lokasinya di pabrik Honda Marysville, Ohio. Selama bertahun-tahun, juga telah diproduksi di pabrik Birmingham, Alabama, di Alliston, Ontario, Kanada dan di El Salto, Jalisco, Meksiko.

Secara total, Honda telah menghasilkan lebih dari 10,7 juta Accord di Amerika Utara untuk kebutuhan pasar lokal dan global. Sementara populasi Honda Accord di bumi telah mencapai 12,7 juta unit.

Kesuksesan Honda Accord adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan, termasuk pembeli muda, di mana hingga hari ini mereka membutuhkan teknologi konektivitas canggih pada sebuah mobil pribadi.

Improvisasi terakhir pada Honda Accord 2016 --diluncurkan pada musim gugur 2015-- dilengkapi fitur untuk Apple CarPlay dan Android guna kepuasan penggila smartphone.

Inovasi tersebut untuk menarik pembeli muda di Amerika Serikat yang beberapa tahun terakhir mulai meninggalkan kecintaannya pada mobil dan beralih ke smartphone.

Hingga saat ini, Honda Accord telah memasuki generasi ke-10. Generasi pertama Honda Accord lahir pada 1976, generasi kedua lahir pada 1981, generasi ketiga pada 1985, generasi keempat pada 1989, generasi kelima pada 1993, selanjutnya diikuti generasi keenam (1997), generasi ketujuh (2002), generasi kedelapan (2008), dan generasi kesembilan (2013).

Generasi terakhir telah dilengkapi fitur Honda Sensing, merupakan sistem keamanan canggih dan terintegrasi teknologi bantuan pengemudi yang mampu membantu mencegah tabrakan. Fitur ini sebagai jembatan teknologi mobil bergerak otomatis (otonom). [Ikh/Idr]


Komentar