Hitachi Sokong Mobil dan Motor Listrik Honda Share this

Hitachi Sokong Mobil dan Motor Listrik Honda

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 05 Juli 2017

Foto: Honda dan Hitachi sepakat kembangan kendaraan listrik (Foto: Dok. Honda)

TOKYO - Honda dan Hitachi mengumumkan kerjasama dalam mengembangkan kendaraan listrik baik itu roda empat dan roda dua untuk mobilitas masyarakat dunia di masa depan.

Baik Hitachi Automotive Systems, Ltd. and Honda Motor Co., Ltd. sepakat membuat perusahaan patungan untuk melesatkan rencananya itu. Nama anak perusahaan tersebut dinamai Hitachi Automotive Electric Motor Systems, Ltd. ditaksir menelan dana sebesar 5 miliar yen atau setara Rp 587 miliar.

Adapun Hitachi memiliki saham sebesar 51 persen dan sisanya milik Honda.

Untuk diketahui keduanya telah melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU/Memorandum of Understanding) pada 3 Februari 2017. Kedua perusahaan tersebut nantinya akan mengembangkan motor listrik dengan beragam pilihan, mulai mobil (plug-in hybrid, EV) hingga sepedamotor listrik.

Beberapa tahun terakhir, permintaan kendaraan listrik terus berdatangan dari berbagai negara. Kondisi ini untuk mengantisipasi hilangnya minyak bumi dari peredaran.

Honda dan Hitachi menyadari betapa pentingnya menyuguhkan jantung penggerak tanpa mengandalkan bahan bakar minyak. Nantinya, Hitachi Automotive Electric Motor Systems,

Ltd yang dipimpin oleh Noburu Yamaguchi akan mengembangkan perangkat kompetitif dan bisa diandalkan.

Anak perusahaan berdiri di 2520 Takaba, Hitachinaka-shi, Ibaraki Prefecture itu fokus mulai dari mengembangkan, produksi hingga penjualan motor untuk kendaraan listrik.

"Perusahaan baru ini akan merespon permintaan global yang terus meningkat dari perusahaan mobil untuk motor kendaraan listrik dengan mengembangkan motor kompetitif yang menggabungkan keahlian kedua perusahaan tersebut," tulis Honda dalam keterangan resmi. [Ikh]


Komentar