Historical Corner Mini SUV Jimny di Booth Suzuki Share this
Berita Mobil
Mode baca

Historical Corner Mini SUV Jimny di Booth Suzuki

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 12 Agustus 2016

Foto: Menyaksikan sejarah Suzuki Jimny di booth Suzuki

TANGERANG - Suzuki Indonesia mengajak pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 untuk mampir ke booth mereka di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD hall 9B.

Banyak acara menarik di booth seluas 2.016 m2 tersebut seperti penampilan musisi ternama Clarise, Ahmad Brothers, Just Duet: Yeshua, Payung Teduh dan Glenn Fredly. Belum termasuk perkenalan line-up Suzuki di antaranya model baru Suzuki Ignis, S-Cross hingga Suzuki Angles.

Dari banyaknya kegiatan Suzuki di GIIAS, ada yang paling menarik perhatian yaitu historical corner, posisinya di sebelah kiri booth. Di sana, Suzuki menampilkan mini SUV Jimny.

Dari sudut booth itu, Suzuki kembali mengingatkan kejayaan Suzuki Jimny pada 1990-an dengan menampilkan generasi pertama Suzuki Jimny (LJ80) yang didatangkan langsung dari Jepang. Tepat berada di depannya, satu unit generasi ketiga Suzuki Jimny (1998-present) tampil dengan warna silver. Historical corner ini membawa kita menyaksikan 'metamorfosa' Suzuki Jimny dari masa ke masa.

Mini SUV Jimny Suzuki Jimny (LJ80) didatangkan langsung dari Jepang

Anda bisa menyaksikan sejarah singkat betapa penting Jimny sebagai produk global Suzuki. Di masanya, mobil ini dikenal mengusung body kompak dan kelincahannya bermanuver di ruang sempit.

Masa jaya Suzuki Jimny sendiri dimulai seri SJ410 dan SJ413 yang dikenal dengan nama 'Sierra'. Selanjutnya Suzuki mengembangkan produk Jimny Katana dan Caribian dan yang terakhir diproduksi pada 1998.

Sejak 1998 (produksi generasi ketiga) Suzuki Jimny berkembang menjadi lebih modern seperti mengadopsi automatic shifter di mana memungkinkan pergeseran dari 2WD ke 4WD meski mobil bergerak maju.

Di sejumlah negara Suzuki Jimny tersedia mesin 658cc K6A I3 (JB23), mesin 1.298cc G13BB I4 (JB33), mesin 1.328 cc M13A I4 (JB43), mesin 1.461cc K9K TD I4 (JB53) dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Jika Anda merasa penasaran dengan sejarah Suzuki Jimny bisa mampir ke booth Suzuki, terakhir 21 Agustus. Menurut rencana Suzuki Indonesia akan meluncurkan generasi ketiga mini SUV Jimny tahun depan. [Ikh/Ikh]


Komentar