HDCI Jakarta Selatan Gelar Safety Riding Share this
Berita Motor
Mode baca

HDCI Jakarta Selatan Gelar Safety Riding

Denny Basudewa
pada 26 Januari 2017

Foto: HDCI Jakarta Selatan

SERPONG – Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) menggelar Motorcycle Safety Rider Training 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tanggerang.

Bermodalkan tempat berkelas dan nyaman, para pemilik dan pengguna motor besar tersebut  tampak sangat antusias mengikuti acara. Luasnya lahan parkir ICE menjadi saksi kepedulian para pengguna Harley-Davidson, yang tergabung dalam HDCI Jakarta Selatan akan keselamatan di Jalan.

“Kami sudah merancang acara ini dari tahun lalu, di mana dititikberatkan untuk mengetahui safety riding yang bisa diterapkan pada saat di atas motor,” kata bro Ajo, Ketua HDCI Pengcab Jaksel melalui siaran persnya.

Kunci utama dalam acara tersebut adalah bro Jusri Pulubuhu sebagai Instruktur utama acara ini. Ia bertugas memberikan materi maupun pelaksanaan pelatihan dilapangan. Jusri sendiri merupakan pengajar handal yang dipercaya berbagai kalangan bukan hanya bikers, tapi perusahaan nasional dan internasional.

Sebagai mantan pembalap motor dan mobil sekaligus orang yang berkecimpung di JDDC (Jakarta Defensive Driving Consulting). Ia juga bertanggung jawab dalam bidang safety riding di kepengurusan HDCI Indonesia.

Materi teori sendiri mencakup teori logika, fungsi rem, waktu reaksi, jarak tempuh, titik berhenti, sumber perlambatan, persnelling, keseimbangan, kecepatan, posisi tubuh, lintasan, dan kontrol emosi.

Acara kemudian berlanjut praktek seperti pengereman mendadak, membuat putaran pendek dan melewati beberapa rintangan. Tidak member HDCI, beberapa komunitas juga terlihat berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Adanya acara ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara. Dimanapun berada para biker harus pelopor keselamatan. [Dew/Ikh]


Komentar