Hati-Hati, Ternyata Fitur Keyless Bisa Dibobol dalam Hitungan Detik Share this
Berita Mobil
Mode baca

Hati-Hati, Ternyata Fitur Keyless Bisa Dibobol dalam Hitungan Detik

Helmi  Reinaldi
pada 09 Agustus 2019

Foto: Fitur keyless entry

LONDON – Pengujian ini membuktikan bahwa mobil dengan fitur keyless entry dapat dengan mudah dicuri dalam waktu hitungan detik saja.

Keyless entry system sepertinya sudah menjadi fitur wajib yang disematkan pada mobil-mobil terkini. Namun ternyata fitur ini memiliki celah keamanan yang memungkinkan mobil dapat dibobol hanya dalam hitungan detik.

Penggunaan fitur keyless ini memang terkesan modern dan memberikan jaminan keamanan ekstra. Tetapi sebaliknya, mobil yang mengadopsi fitur ini justru bakal lebih mudah untuk dicuri.

Sedikit penjelasan mengenai cara kerja fitur keyless, saat pengguna mendekat ke mobil untuk membuka pintu, remote atau kunci yang ada di pengguna akan memancarkan sinyal dan ditangkap oleh antena mobil. Sinyal ini yang nyatanya berpotensi untuk “dicuri” dengan menggunakan sebuah alat khusus.

Beberapa model kunci telah dilengkapi dengan sensor yang bisa membaca gerak pengguna. Maka saat kunci tidak mendeteksi gerakan, ia akan berhenti memancarkan sinyal. Sayangnya tidak semua pabrikan menerapkan teknologi semacam ini.

Setelah mendapatkan sinyal tersebut dengan alat khusus, pencuri hanya tinggal mendekat ke pintu mobil. Saat kode dimasukkan, mobil otomatis akan mendeteksi sinyal tersebut dan membuka kunci pintu. Tidak sampai situ saja, kode ini juga bisa langsung dimanfaatkan untuk mengaktifkan tombol untuk menyalakan mesin.

Situs WhatCar melakukan pengujian untuk menunjukkan seberapa cepat mobil dengan fitur keyless dapat dibobol. Mereka menguji beberapa mobil dari brand berbeda yang semuanya dilengkapi dengan sistem keyless entry dan start.

Berdasarkan hasil pengujian, DS3 Crossback Ultra Prestige menjadi mobil yang paling mudah dicuri. Untuk membobol mobil ini hanya membutuhkan waktu 10 detik saja. Di posisi kedua ada Land Rover Discovery Sport TD4 180 HSE (2018) yang bisa dicuri dalam waktu 30 detik.

Sementara ada BMW X3 dan Ford Fiesta yang sama-sama bisa dicuri hanya dalam waktu 60 detik. Sedangkan untuk mencuri mobil Mercedes A-Class menghabiskan waktu sekitar 50 detik.

Hasil yang “sedikit” positif diperoleh oleh Land Rover Dicovery SD6 306 HSE. Meski pintu mobil ini sukses dibobol hanya dalam waktu 20 detik, namun mobil tidak bisa dikendarai sama sekali. [Hlm/Idr]


Komentar