Hati-hati, Ganti Kaca Film Bisa Merusak Defogger Share this
Berita Mobil
Mode baca

Hati-hati, Ganti Kaca Film Bisa Merusak Defogger

Denny Basudewa
pada 01 Mei 2019

Foto: Kaca film

JAKARTA – Mengganti kaca film pada kaca belakang mobil berpeluang merusak defogger jika tidak dilakukan dengan benar.

Kaca film memiliki peranan yang cukup penting pada mobil-mobil masa kini. Fungsi utama kaca film mobil adalah menghindari sorotan panas matahari secara langsung, sehingga para penumpang di dalam dapat nyaman berkendara.

Dengan hadirnya pelindung ekstra maka penumpang atau driver tak perlu kawatir lagi silau, ditambah penggunaan kaca film mobil tidak akan mempengaruhi jarak pandang meskipun berkendara pada malam hari.

Pada umumnya penggunaan kaca film pada mobil baru, telah menjadi satu paket pada saat pembelian. Namun tidak semua pabrikan mobil menawarkan kaca film yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Baik dari segi kualitas maupun tingkat kegelapan dari kaca film itu sendiri. Kemudian beberapa konsumen memutuskan untuk mengganti pelapis kaca tersebut yang sesuai kebutuhan. Namun hal ini memiliki risiko khususnya pada bagian belakang yang terdapat fitur defogger.

Fitur untuk menghilangkan kabut dan embun pada belakang, sangat rentan rusak saat proses penggantian kaca film. Monita Cherline, Promotion & Advertising Manager V-Kool Indonesia mengatakan pihaknya sendiri tidak bisa menjamin adanya kerusakan pada saat penggantian kaca film di bagian belakang kendaraan.

“Kami tidak bisa memberikan jaminan rusaknya defogger, namun kami akan melakukannya semaksimal mungkin dan memberikan yang terbaik. Selama ini kami tidak pernah merusak komponen tersebut karena memiliki trik khusus dalam proses penggantian kaca film,” ucap Monita di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Menurutnya ada beberapa produsen kaca film yang memiliki kekuatan perekat sangat baik, bahkan ada yang telah mematenkannya. Namun dikatakan hal itu tidak menjadi masalah karena pihak V-kool memiliki teknisi yang telah terlatih.

Defogger sendiri memiliki dua jenis yang terdiri dari bahan kawat tembaga atau kabel tipis yang tertanam dalam kaca. Pada umumnya pabrikan mobil menggunakan material kawat tembaga. Komponen tersebut sangat rentan putus terutama saat proses penggantian kaca film.

“Setiap melakukan penggantian kaca film pasti meninggalkan lem perekatnya di kaca. Untuk membersihkannya biasanya menggunakan pisau kater atau silet. Hal inilah yang bisa merusak fungsi defogger,” jelasnya kemudian.

Ia mengatakan bahwa ketika melepas kaca film harus dilakukan menyamping agar tidak merusak defogger. Selain menggunakan silet, pihaknya juga menggunakan cairan untuk menghilangkan lem dari kaca film sebelumnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, V-kool selalu hadir dengan beragam alat peraga yang menunjukkan kualitas produk-produk mereka. Tidak hanya itu, mereka juga menawarkan beragam kejutan selama pameran berlangsung. V-kool berada di Pre Function Hall D PD 4-5 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. [Dew/Idr]


Komentar