Harman Kenalkan Perangkat Elektronik Mobil Anti-Hacker Share this
Aksesoris
Mode baca

Harman Kenalkan Perangkat Elektronik Mobil Anti-Hacker

Denny Basudewa
pada 24 Agustus 2016

Foto: Produk canggih terbaru dari Harman

OXFORDSHIRE – Perusahaan elektronik raksasa Harman meluncurkan produk baru yang mampu menangkal kejahatan dari para hacker di dunia otomotif. Benda ini untuk mengantisipasi pelaku kejahatan dengan menggunakan teknologi cyber yang kian meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Para hacker muncul karena banyak pemilik mobil yang terhubung dengan mobilnya dengan perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet. Hal ini ternyata memberikan peluang bagi pelaku kejahatan dengan menggunakan perangkat elektronik yang mereka miliki. Alat-alat ini ternyata memicu aksi hacking untuk membobol mobil.

“Beberapa tahun lalu konsep keamanan dari kejahatan dunia cyber otomotif hanya terbatas pada pakar industri,” ungkap Asaf Atzmon, Director Business Development and Marketing Automotive Cyber Security.

Menurutnya berdasarkan hasil survey, sebanyak 59 persen para pembeli mobil khawatir akan bahaya hacker dan telah menjadi pembicaraan serius.

Tampaknya ada salah satu brand unik yang mencermati kemungkinan pencurian kendaraan bermotor, khususnya mobil dengan melakukan pembajakan perangkat elektronik.

Analoginya ketika Anda sedang berkendara selama satu menit sambil mendengarkan radio, kemudian seseorang dari jarak jauh membajak kendaraan. Hacker tersebut kemudian membuat macet kinerja rem di jalan bebas hambatan.

Selain itu bisa juga sang peretas menyalakan lampu kendaraan pada malam hari atau memutarkan lagu secara tiba-tiba. Meskipun hal tersebut belum pernah terjadi, para insinyur dituntut untuk mampu mengatasi adanya ancaman tersebut pada masa mendatang.

Harman telah mengembangkan perangkat keamanan 5 + 1 yang diklaim mampu melindungi head-unit mobil. Produk ini diyakini dapat dijadikan gerbang guna menangkal kejahatan dunia cyber. Perangkat ini sendiri terdiri dari beberapa lapisan sehingga cukup susah ditembus.

Menilik lebih dalam lagi, perangkat keras produk ini menyediakan tempat nan aman guna menyimpan beragam informasi sensitif. Beberapa fungsi dari fitur keamanan terisolasi dari sistem infotainment dan dikenal dengan naman hypervisor. Konsep tersebut awalnya dikembangkan untuk sebuah komputer super, sebuah perangkat yang mampu menjalankan dua sistem operasi secara benar-benar terpisah. Sistem inilah yang membuatnya susah untuk ditembus oleh hacker.

Produk terbaru Harman ini juga memiliki kontrol untuk mengakses ke memori di level tertinggi. Fitur ini pada dasarnya hanya menentukan akses apa saja kepada siapa saja. Analoginya adalah CD player yang Anda mainkan jangan sampai bisa mengendalikan fungsi rem. Jika itu terjadi maka ada yang sesuatu yang salah.

Fitur selanjutnya adalah Sandbox. Fungsinya yakni mengunduh aplikasi baru secara terpisah dari sistem inti, sehingga dapat menonaktifkan perangkat atau bahkan menghapus data jika terdapat ancaman berbahaya. Fitur terakhir adalah perlindungan dari jaringan.

Software ini mampu mengontrol arus informasi yang masuk maupun yang keluar dari kendaraan. Fitur ini bekerja dalam dua cara berbeda, pertama adalah ECUSHIELD yang terhubung pada ECU mobil. Satu lagi yaitu smart firewall untuk melindungi seluruh percakapan dalam kabin.

Fitur tersebut secara terus menerus memonitor kendaraan untuk memberikan informasi kepada pengendara akan kondisi sekitar. Disebut 5 + 1 karena perangkat tersebut memiliki kemampuan mengunduh update terbaru dari sistem navigasi, manajemen mesin, dan infotainment.

Dengan memastikan software yang selalu up-to-date, maka kendaraan dapat terlindungi setiap saat. [Dew/Ikh]


Komentar