Harley-Davidson Hentikan Sementara Produksi LiveWire Share this
Berita Motor
Mode baca

Harley-Davidson Hentikan Sementara Produksi LiveWire

Denny Basudewa
pada 16 Oktober 2019

Foto: Harley-Davidson LiveWire

MILWAUKEE – Harley-Davidson (HD) menghentikan sementara produksi sepedamotor listriknya yakni LiveWire, karena dianggap tidak sesuai standar pengisian ulang baterai.

Produsen motor asal Amerika Serikat ini kembali menjadi perbincangan di media-media setempat. Produksi Harley-Davidson LiveWIre dihentikan bukan tidak mampu diterima pasar. Namun menurut siaran persnya, mereka menganggap sepedamotor listrik buatannya tersebut tidak bisa memenuhi standar tinggi dari HD.

Pihak HD tidak merinci standar yang dimaksud, namun menurut beberapa sumber mengatakan bahwa LiveWire terganjal masalah mekanisme pengisian ulang baterai. Dengan adanya kabar ini, pihak manufaktur yang sejatinya mengirimkan unit pada Agustus 2019, ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Analisa dari beberapa pakar mengatakan LiveWire baru akan dikirimkan pada para konsumen, ketika motor tersebut benar-benar sempurna. Saat ini perusahaan tengah menyelidiki masalah yang dialami, namun tidak ada yang bisa menerka kapan motor ini didistribusikan ke konsumen.

HD sendiri dikabarkan telah mengirimkan sejumlah unit ke dealer. Meskipun tidak ada keterangan jumlah unitnya di dealer maupun yang telah terjual, namun pihak Harley-Davidson menyarankan konsumen hanya melakukan pengisian baterai model DC.

Secara tidak langsung, mereka tidak merekomendasikan pengisian ulang baterai model cepat (Fast Charging), melalui sumber daya rumahan. Hal inilah yang kemudian berkembang kabar bahwa belum ada satu unitpun LiveWire yang telah dikirim ke rumah konsumen.

Sebelumnya dikabarkan bahwa para pemilik Harley-Davidson LiveWire, akan dimudahkan untuk mengisi baterai motor mereka, berkat kerjasama antara Harley-Davidson dengan Electrify America. Para pelanggan Harley-Davidson akan dapat memanfaatkan jaringan pengisi daya kendaraan listrik (EV) ultra-cepat Electrify America, di seluruh jalan raya dan stasiun pengisian metro yang direncanakan di 42 negara bagian dan Distrik Columbia. [Dew/Idr]


Komentar