Hankook Tire Indonesia Berkomitmen Jaga Kualitas Ban Share this
Berita Mobil
Mode baca

Hankook Tire Indonesia Berkomitmen Jaga Kualitas Ban

Denny Basudewa
pada 18 September 2019

Foto: Hankook Tire Indonesia

BEKASI — Memulai bisnis di Indonesia sejak 2010, PT Hankook Tire Indonesia (HTI) fokus pada produksi ban mobil penumpang. Pabrik ban Hankook di kawasan Delta Silcon5 Industrial Park, kabupaten Bekasi, Indonesia, mampu memproduksi lebih dari 1.200 ban mobil setiap jam.

Pada akhir 2012, pabrik asal Korea Selatan tersebut memulai ekspor pertamanya ke Amerika Serikat. Pada waktu yang bersamaan, mereka juga terus menambah jaringan penjualan dengan nama Hankook Master.

"Kami memiliki visi untuk mendirikan pabrik yang green dan smart dan berawal dari mindset. Kami juga selalu menjaga kualitas dari produk agar bisa diterima dengan baik oleh para konsumen," ucap Yoon Keun Yoong, General Manager Coorporate Management Team HTI di kawasan Cikarang Pusat, kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kemarin (17 September 2019).

Pabrik Hankook Tire Indonesia pada 2013 telah mampu menghasilkan ban mobil penumpang sebanyak 16.900 unit setiap harinya. Saat ini pabrik seluas 60 ha ini sudah masuk ke tahap 2 dari rencana 5 tahapan. Pabrik Hankook sekarang telah mampu mencetak sekitar 31 ribu ban setiap hari. Artinya setiap menit pabrik tersebut menghasilkan 20 ban mobil.

Namun sayangnya dari sekian banyak produksi ban Hankook Indonesia, untuk pasar domestik hanya terserap sebanyak 8 persen saja. Dominasi produksi dari HTI untuk pasar di negeri Paman Sam sebanyak 44.3 persen. Sementara untuk benua Eropa sebesar 21.4 persen, Timur Tengah dan Asia Pasifik mendapat porsi sebesar 21.5 persen.

Seperti telah kami (otospirit) wartakan sebelumnya, HTI telah malakukan beberapa langkah untuk memperluas pangsa pasar di Tanah Air. Salah satunya dengan mendirikan Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) yang memang fokus pada penjualan. Langkah ini dipercaya mampu meningkatkan penjualan ban kendaraan penumpang Hankook di Indonesia.

Adapun Hankook Indonesia juga telah bekerja sama dengan pabrikan mobil di Tanah Air seperti Toyota (Sienta, Calya dan Agya), Daihatsu (Sirion) dan Hyundai (H1). [Dew/Idr]


Komentar