Lewis Hamilton Raih Pole Share this
F1
Mode baca

Lewis Hamilton Raih Pole

Denny Basudewa
pada 10 Juli 2016

Foto: Hamilton kembail sukses meraih pole position

SILVERSTONE – Lewis Hamilton semakin serius dalam memperebutkan gelar juara dunia kelimanya musim ini. Pembalap Mercedes tersebut meraih pole position pada sesi kualifikasi British GP 2016.

Hamilton mengungguli raihan rekan satu timnya Nico Rosberg dan pembalap tim Red Bull Racing Max Verstapen. Hasil ini membuatnya berhak memulai balapan dari posisi terdepan. Ini merupakan pole position keenam baginya musim ini.

Hamilton memulai balapan dari grid terdepan pada GP Australia, Bahrain, Spanyol, Kanada, dan Austria. Pembalap Inggris ini terus tampil impresif meskipun sedang diterpa badai dalam timnya sendiri.

Catatan waktu Hamilton 1 menit 29.939 detik pada Q3 ketiga dihapus oleh panitia lomba. Hal ini dikarenakan dirinya melakukan pelanggaran saat dirinya tengah melintas di area paddock.

Namun kejadian tersebut tidak membuatnya patah semangat. Pengguna nomor start 44 ini terus melaju impresif dengan catatan waktu 1 menit 29.287 detik pada Q2.

Hasil ini tidak bisa diimbangi atau bahkan dikalahkan oleh Rosberg. Ia hanya mampu membukukan waktu terbaiknya 1 menit 29.606 detik.

Prestasi tim Red Bull Racing juga tidak kalah mengesankan dibandingkan duet pembalap Mercedes. Secara mengejutkan, duo Red Bull berhasil menyisihkan Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang membesut Ferrari.

Daniel Ricciardo menempati posisi ketiga diikuti Max Verstappen keempat pada balapan esok hari. Setelah Raikkonen dan Vettel yang menempati urutan kelima dan keenam, Valtteri Bottas dari tim Williams menguntit ketat.

Posisi kedelapan berhasil diamankan oleh anak pereli senior yakni Carlos Sainz Jr. Tempat kesembilan dihuni oleh Nico Hulkenberg. Fernando Alonso terlihat mulai bisa mengatasi kelemahan mobilnya. Pembalap McLaren-Honda ini kini merangsek ke jajaran papan tengah. Sayang prestasinya tersebut tidak diikuti rekan satu timnya Jenson Button.

Pada GP Inggris kali ini, Rio Haryanto terus menunjukkan potensi positif di GP Inggris.Terlebih pembalap Solo, Jawa Tengah tersebut berhasil mengungguli catatan waktu rekan satu timnya Pascal Wehrlein. [Dew/Ikh]


Komentar