Google Segera Bisa Terjemahkan Bahasa Isyarat Share this
Gadget
Mode baca

Google Segera Bisa Terjemahkan Bahasa Isyarat

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 31 Januari 2020

CALIFORNIA - Google saat ini tengah mengembangkan AI (kecerdasan buatan) yang bisa menerjemahkan bahasa isyarat, nantinya sistem ini akan disematkan pada Google Translate.

Google Translate saat ini sudah bisa melakukan proses terjemahan dari masukan yang berbeda-beda mulai dari teks, suara, hingga objek foto. Dan setelah disematkan sistem AI Google Translate bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa isyarat, dari tangan manusia menjadi suara.  

Dilansir dari Ubergizmo, nantinya Google akan memanfaatkan kamera untuk menangkap gerakan tangan dan kemudian mencocokkannya dengan sistem gestur bahasa isyarat dan kemudian hasilnya akan diterjemahkan ke dalam bentuk teks atau suara.

Sistem ini tentu akan sangat berguna untuk para tuna wicara dalam ingin berkomunikasi dengan orang yang tak mengetahui bahasa isyarat.

Google mengatakan, sistem buatannya ini belum begitu sempurna, karena masih ada beberapa komunikasi melalui ekspresi wajah, dan isyarat pada jari tangga yang terlewatkan.

Google akan berusaha untuk membuat teknologi ini, agar dapat bekerja lebih cepat dan stabil. Supaya jumlah gestur dan gerakan yang diterjemahkan akan semakin banyak dan hasil terjemahannya tepat. [Ric/Idr]


Komentar