Google dan FCA Kembangkan Mobil Otonom Share this

Google dan FCA Kembangkan Mobil Otonom

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 09 Mei 2016

Foto: all-new Chrysler Pasifica Hybrid, Minivan dengan Teknologi Google Seld-Driving

AUBURN HILLS - Google dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) bekerjasama untuk menggunakan teknologi self-driving ke dalam all-new Chrysler Pasifica hybrid. Hal ini merupakan pertama kali Google bekerjasama langsung dengan produsen mobil untuk memadukan sistem otonom (mobil bergerak otomatis).

Ujicoba akan dilakukan pada akhir tahun ini. Dalam pengembangannya, akan terbagi dua tanggungjawab sesuai dengan keahlian masing-masing perusahaan.

FCA akan melakukan proses desain dan menyediakan sekitar 100 kendaraan unik, sementara itu Google akan mengintergrasikan sensor dan komputer pada mobil-mobil tersebut agar mampu bergerak sendiri.

"FCA memiliki tim yang berpengalaman dan Chrysler Pacifica hybrid merupakan kendaraan yang tepat untuk teknologi mobil berteknologi self-driving dari Google. Kesempatan untuk bekerja sama dengan para insinyur FCA akan meningkatkan upaya kami untuk mengembangkan mobil berteknologi self-driving sepenuhnya dan membuat perjalanan menjadi lebih aman serta memudahkan bagi mereka yang tidak dapat mengemudi," ungkap John Krafcik, CEO Google Self-Driving Car Project.

Untuk mempercepat pengembangan, FCA dan Google akan merelokasi sebagian tim mereka pada sebuah fasilitas yang telah disiapkan di Michingan. Di fasilitas baru ini diharapkan agar desain, pengujian dan pembuatan mobil otonom akan lebih cepat selesai.

"Bekerja dengan Google memberi kesempatan bagi FCA untuk bermitra dengan salah satu perusahaan teknologi terbaik untuk mempercepat inovasi industri otomotif. Pengalaman dari kedua perusahaan akan menjadi dasar dalam solusi teknologi otomotif untuk masyarakat,” tambah Sergio Marchionne, Chief Executive Officer FCA.

Mobil otonom diakui mampu menurunkan angka kematian akibat kecelakaan di jalan raya setiap tahunnya di Amerika Serikat, di mana 94 persen kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia saat berada di balik kemudi. [Amo/Ikh]


Komentar