Go-kart Bersejarah Ayrton Senna Dilelang Share this
F1
Mode baca

Go-kart Bersejarah Ayrton Senna Dilelang

Ary Dwinoviansyah
pada 16 Agustus 2018

LONDON - Go-kart milik mendiang Ayrton Senna akan dilelang dan sebagian dari penjualannya akan disumbangkan ke yayasan milik pembalap asal Brasil tersebut.

Penggemar Formula 1 atau Ayrton Senna tentu bakal girang mendengar berita ini. Pasalnya, salah satu benda milik Senna akan dijual ke khalayak maupun kolektor.

Apalagi, go-kart Senna ini akan dilepas dengan cara lelang. Artinya, siapa yang mengajukan penawaran tertinggi dia lah pemilik go-kart itu. Prosesinya sendiri akan dilangsungkan di London, Inggris, September 2018 mendatang.

Tentu saja pemiliknya nanti tidak akan mendapatkan barang bekas. Go-kart berkelir kuning bernomor 14 itu sudah mengalami restorasi. Bahkan, mesin dari Tche Parilla dan sasis Riomark Kart Mini masih sama seperti dipakai Senna pada masa lalu.

Sedikit cerita, pada 19 Maret 1994 Senna mengajak beberapa teman untuk menyaksikannya berlatih go-kart di sirkuit pribadinya di Tatui, Brasil. Sayangnya, itu adalah kali terakhir mereka melihat Senna karena 1,5 bulan setelahnya Senna meninggal dunia di GP San Marino.

Siapa pun peminang go-kart Senna tidak hanya mendapatkan barang impiannya. Sang pembeli juga berperan dalam mendukung program pendidikan yang dicanangkan Senna melalui Instituto Ayrton Senna. Sebanyak 10% hasil dari penjualan go-kart ini akan disumbangkan ke yayasan tersebut.

Hingga saat ini, organisasi non-provit itu sudah menolong lebih dari 1,5 juta anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Yayasan itu juga membuka lapangan pekerjaan untuk 65 ribu guru yang kini sudah ditempatkan di 660 lokasi. [Ary/Ari]


Komentar