Geely Xing Yue, Coupe SUV Paling Bertenaga Share this
Mobil Baru
Mode baca

Geely Xing Yue, Coupe SUV Paling Bertenaga

Indra Prabowo
pada 15 Mei 2019

NINGBO – Trend SUV dijawab oleh Geely Auto dengan meluncurkan Geely Xing Yue, beberapa waktu lalu. Inilah model pertama Geely Auto yang menggunakan Compact Modular Architecture (CMA).

Arsitektur CMA dikembangkan oleh China Euro Vehicle Technology Centre (CEVT) di Gothenburg, Swedia. CEVT merupakan pusat inovasi untuk mobil-mobil masa depan Group Geely dengan tujuan berada di garis depan perkembangan baru di industri otomotif dan anak perusahaan dari Zhejiang Geely Holding Group. Sejak 2013 CEVT telah berkembang pesat dan sekarang mempekerjakan sekitar 2.000 orang.   

Saat ini Geely Group memiliki sejumlah brand consumer: Geely Auto, Lynk & Co, Volvo Cars, Polestar, Proton dan Lotus. Sedangkan untuk divisi kendaraan niaganya London Electric Vehicle Company (sebelumnya bernama London Taxi) dan YuanCheng Auto.

Coupe SUV ini ditawarkan dalam opsi: mesin bakar internal, mild hybrid (MHEV) dan plug-in hybrid (PHEV), bersamaan dengan pilihan 2-wheel drive atau 4-wheel drive. Varian PHEV membuat Geely Xing Yue menjadi coupe SUV pertama di dunia yang tersedia dalam pilihan PHEV dengan jarak tempuh 80 km saat menggunakan listrik saja.

Untuk varian mesin bakar internal, Geely Auto mencomot teknologi Volvo Cars berupa mesin 4-silinder 2.0TD. Jantung mekanis berbahan bakar diesel ini memuntahkan tenaga 235 hp dan torsi 350 Nm. Transmisi otomatis 8-speed dari Aisin membantuk mobil berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 6,8 detik – salah satu coupe SUV paling bertenaga di China.

Versi mild hybrid system (MHEV) atau plug-in hybrid system (PHEV) menggunakan mesin 1.5TD dengan transmisi kopling-ganda 7-speed. Kombinasi antara mesin 1.5TD dan transmisi 7DCT merupakan hasil pengembangan bersama Geely Auto dan Volvo Cars. Mesinnya bertenaga 178 hp dan bertorsi 255 Nm. Transmisi 7DCT dikatakan oleh Geely Auto merupakan transmisi paling efisien di industry dengan 97% dan perpindahannya hanya dalam 0.2 detik.

Xing Yue PHEV menggendong 2 opsi baterai lithium: satu baterai kapasitas-tinggi 11.5 kwh  dan satu baterai kapasitas ultra-tinggi 15.2 kwh. Baterai pertama (high capacity) menyuguhkan perjalanan listrik hingga 56 kilometer dengan konsumsi BBM kombinasi 62,5 km/liter, dan waktu pengisian baterai cepat 90 menit. Sementara baterai versi ultra-high capacity menambah perjalanan 80 km, konsumsi BBM kombinasi 83,3 km/liter, dan waktu pengisian baterai cepat 105 menit. Sistem plug-in hybrid meningkatkan tenaga maksimum Xing Yue menjadi 255 hp dan torsi 415 Nm.

Model Xing Yue MHEV memanfaatkan 48V BSG mild hybrid system yang dikembangkan oleh Geely Auto. Dengan bantuan satu motor listrik 48V, mesin 1.5TD menyala lebih cepat, menjadi lebih efisien dan mengerek tenaga maksimum mobil menjadi 188 hp. Konsumsi BBM kombinasinya 17,86 km/liter.

Mobil ini dilengkapi oleh 22 sensor eksterior sehingga mendapatkan sertifikat berkendara cerdas L2 dengan fitur-fitur ICC Intelligent Cruise Control, TJA Traffic Jam Assistance, Full Speed ACC Adaptive Cruise Control, LKS Lane Keeping System, dan lain-lain.

Pemiliknya akan lebih mudah parkir berkat automatic park assist system. Hanya dengan menekan sebuah tombol, system yang dikembangkan oleh BOSCH ini akan memarkirkan mobil dengan baik. [Idr]

 

 


Komentar