Geely Gunakan Jaringan 5G NR Mulai 2021 Share this

Geely Gunakan Jaringan 5G NR Mulai 2021

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 25 Oktober 2018

HONG KONG - Jaringan 5G NR (New Radio) ini rencananya akan terintegrasi ke dalam teknologi Geely Smart Ecosystem (GKUI) dan mulai diterapkan pada mobil Geely beberapa tahun ke depan.

Geely Auto menyatakan untuk terus meningkatkan layanan jaringan pada kendaraan buatannya. Konektivitas 4G LTE yang sekarang menjadi unggulan, bakal berubah menjadi 5G NR. Mereka pun sudah menegaskan bakal mengaplikasikannya pada kendaraan mereka mulai 2021 mendatang.

Produsen mobil asal China ini juga sudah menggandeng perusahaan telekomunikasi, Qualcomm Technologies, Inc (anak perusahaan Qualcomm Incorporated). Jaringan 5G NR ini tak sekedar berfungsi menghubungkan smartphone pemilik mobil dengan perangkat hiburan saja.

Geely dan Qualcomm juga terlibat dalam pengembangan jaringan LTE-V2X. Pasalnya, ini lah yang berperan meningkatkan keselamatan di jalan raya. Perangkat tersebut berfungsi sebagai alat komunikasi antar kendaraan otonom melalui komunikasi langsung dari seluler. Selain itu, LTE-V2X juga dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan mobil dengan infra struktur. Makanya, keberadaan jaringan 5G NR menjadi hal penting agar LTE-V2X bisa diterapkan.

"Merupakan hal penting bahwa pelanggan kami memiliki akses ke layanan jaringan terbaik dan tercepat di pasar. Inilah sebabnya mengapa Geely Auto akan terus meningkatkan aplikasi 4G LTE yang ada, sementara pada saat yang sama mulai bekerja pada konktivitas masa depan aitu 5G NR," kata Shen Zi Yu, Vice President of Geely Automobile Research Institute.

Seperti disebutkan di awal, jaringan ini akan tergabung dalam GKUI. Artinya, ekosistem cerdas Geely tersebut bakal lebih kaya lagi. Sistem hasil rancangan ECARX sekarang sudah bisa menghubungkan smartphone, mobil dan rumah melalui lima komponen inti. Meliputi sistem data cloud, peluncur, ID, ekosistem aplikasi lengkap dan mesin dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence engine).

Sebagai informasi, saat ini mobil buatan Geely yang mengaplikasi GKUI sudah mencapai 60 ribu unit. Pihak Geely myakin pengembangan jaringan itu tepat dan akan memberi dampak positif bagi pengguna mobil Geely di masa depan.

"Industri otomotif mengalami kecepatan inovasi yang belum pernah terjadi sebelumnya karena adanya dorongan permintaan konsumen untuk mendapatkan pengalaman konektivitas yang premium. Indikasi ini mengarah untuk segera membawa 5G ke dalam model kendaraan akan datang," tutup Nakul Duggal, Vice President of Product Management Qualcomm Technologies, Inc. [Ary/Ari]


Komentar