Gamers Tidak Lagi Malu Mendapat Sebutan Nerd Share this
Gadget
Mode baca

Gamers Tidak Lagi Malu Mendapat Sebutan Nerd

Denny Basudewa
pada 26 Juli 2018

Foto: Nerd

JAKARTA – Para pemain game kerap mendapat sebutan nerd oleh sebagian orang. Melalui survey yang dilakukan Dell terhadap 5.763 pemain video game di 11 negara, menunjukkan hasil mengejutkan.

Nerd merupakan kondisi seseorang yang introvert atau menjauh dari lingkungan sekitar. Hal ini biasanya dialami oleh anak yang terlalu sering bermain video game. Orang dengan sebutan nerd pada umumnya tidak memiliki rasa percaya diri dan cenderung pemalu.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Dell, industri video game saat ini telah mengalami eksposional dalam beberapa tahun terakhir. Pemahaman tentang gaming telah berubah baik secara harfiah maupun kiasan.

Kini para pemain video game dapat ditemui di sekitar kita seperti saudara, teman, suami atau istri, rekan kerja hingga orang yang duduk di sebelah kita di kereta komuter. Dikatakan bahwa melalui platform online dan media sosial, komunitas pengguna video game terus berkembang ke berbagai kalangan.

Menurut hasil survey, hanya 8-9 persen orang yang merasa dihakimi aatau malu ketika disebut sebagai gamer. Sebaliknya 35 persen orang merasa menyenangkan mendapat sebutan sebagai gamer. Sementara 29 persen orang mengaku keren disebut gamer dan 26 persen menyatakan semakin terpacu semangatnya.

“Komunitas game sekarang tidak lagi memiliki batasan seperti gender, usia, orientasi politik dan buaya atau etnis. Yang paling penting adalah tingkat keterampilan gamer yang menjadi lawan mereka,” ucap Tjipto Suparto selaku Consumer Country Director Dell Indonesia, di Jakarta (26/07/2018).

Meskipun tren pemain video game telah berubah, namun batasan-batasan untuk menjalani bermain harus tetap diperhatikan. Hal ini agar tidak menimbulkan sifat adiktif terutama pada anak-anak yang masih sekolah. [Dew/Ari]


Komentar