Galang Hendra Finish ke-5 di WSSP300 Imola Share this
Balap Lain
Mode baca

Galang Hendra Finish ke-5 di WSSP300 Imola

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 14 Mei 2018

BOLOGNA - Galang Hendra tampil cukup mengesankan dengan finish kelima setelah start dari posisi 14 di seri lanjutan kejuaraan World Supersport 300 (WSSP300) di Sirkuit Imola, Italia.

Pembalap binaan Yamaha Indonesia melanjutkan perjuangannya di WSSP300 2018 bersama tim MotoX Racing. Setelah gagal mendapatkan poin di dua seri, Galang kembali memupuk kepercayaan dirinya tampil di seri ketiga akhir pekan lalu (13/5/2018).

Pengguna nomor 55 itu sudah terlihat potensial melahap sirkuit Imola. Dia juga berhasil menempati posisi 10 di sesi Superpole 2 (SP2). Namun, perjuangannya cukup berat karena harus memulai balapan dari grid 14 karena diganjar penalti.

Meski begitu, Galang yang perdana balapan di sini tidak mengendurkan sedikit pun determinasinya. Selepas start, pembalap asal Yogyakarta ini bisa mengikuti rombongan depan dan di lap 7 dia mampu masuk ke posisi 7.

Galang menjadi salah satu dari dua pembalap yang mengendarai Yamaha YZF-R3. Sementara barisan terdepan diisi para rider pemakai motor berkubikasi mesin lebih besar (Kawasaki Ninja 400 dan KTM RC390). Namun, keagresifan Galang sepanjang balapan membuahkan hasil.

“Saat ini saya bahagia karena dapat finish ke 5. Saya melakukan start dengan baik dengan dukungan perfoma motor yang sangat baik. Saya sempat mengalami kontak dengan pebalap lainnya. Namun, saya tetap tenang dan fokus. Pada lap terakhir, saya memotong beberapa rider hingga saya merebut posisi ke 5. Pada seri selanjutnya, saya akan lebih fokus lagi dan akan tampil all out pantang menyerah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Merah Putih Semakin Di Depan,” ujar Galang

Finish ke 5 dalam 11 lap merupakan pencapaian terbaik Galang. Apalagi dengan basis motor yang kalah spek dari kedua rival tersebut. Pihak penyelenggara kabarnya masih terus meracik formulasi tentang regulasi agar masing-masing brand bisa kompetitif. Penggunaan batasan limiter RPM dan penambahan atau pengurangan bobot sepertinya masih belum cukup berimbang, terutama bagi Yamaha.

Setelah menyelesaikan balapan di urutan 5 (11 poin), posisi Galang di klasemen sementara WSSP300 pun terdongkrak naik ke posisi 13. Pihak Yamaha berharap pembaruan regulasi sudah bisa didapatkan di seri 4 WSSP300 yang akan berlangsung di Sirkuit Donnington Park, Inggris (27 Mei 2018). [Ary/Ari]


Komentar