Gaikindo: GIIAS 2020 akan Digelar September dan Oktober Share this
Berita Mobil
Mode baca

Gaikindo: GIIAS 2020 akan Digelar September dan Oktober

Ahmad  Richad
pada 05 Mei 2020

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menunda pameran-pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020.

Pameran-pameran GIIAS 2020 rencananya akan digelar di Surabaya (Jawa Timur, pada 20-29 Maret), Jakarta (7-17 Agustus), Makassar (11-15 September), dan Medan (23-27 Oktober). Namun karena adanya pandemic virus Corona (Covid-19) beberapa dari pameran tersebut terpaksa ditunda dan digeser waktunya.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Yohannes Nangoi menjelaskan, karena mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya GAIKINDO mengambil sebuah keputusan penting, berkenaan dengan penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series.  

“Pertama adalah kami akan mengonsentrasikan penyelenggaraan pada dua pameran GIIAS di tahun ini, GIIAS Surabaya dan GIIAS BSD-City (Tangerang/Jakarta). Sementara penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2021,” katanya di keterangan tertulis, Selasa (5/5/2020).

Mengenai rinciannya, GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020 di Grand City Convex Surabaya. Sementara The 28th GIIAS, BSD City bakal dilaksanakan pada 22 Oktober - 1 November 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Rizwan Alamsjah, selaku Ketua III Gaikindo sekaligus ketua penyelenggara pameran GIIAS 2020, mengatakan bahwa beberapa pergeseran tanggal penyelenggaraan dan pengurangan durasi pameran khusus untuk GIIAS Surabaya 2020 untuk fokus memenuhi kebutuhan industri dan tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

“Kami harus membuat penyesuaian untuk fokus memenuhi kebutuhan industri dan tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Kami mencapai kesimpulan bahwa menggeser tanggal penyelenggaraan adalah pilihan terbaik,” tambah Rizwan Alamsjah.

Rizwan juga menambahkan bahwa rencana itu adalah berdasarkan prediksi tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah serta menimbang waktu persiapan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pameran. Dan ia menekankan bahwa penyelenggaraan GIIAS 2020 akan menjadi ajang yang paling tepat untuk bersama membangkitkan industri otomotif Indonesia. [Ric/Idr]


Komentar