Foto-foto All-new Toyota Rush, Momok Bagi Honda HR-V Share this
Mobil Baru
Mode baca

Foto-foto All-new Toyota Rush, Momok Bagi Honda HR-V

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 16 November 2017

Foto: Foto All-new Toyota Rush (Foto: Richard)

JAKARTA - Toyota dan Daihatsu akan meluncurkan duet maut all-new Toyota Rush dan all-new Daihatsu Terios dalam waktu dekat. Keduanya diprediksi akan kembali mengguncang pasar otomotif dalam negeri menjelang penutupan 2017.

Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah kembar identik, frame dan basic body-nya sama persis. Hanya logo yang membedakan.

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersiap-siap untuk meluncuran compact SUV mereka. Dan keduanya untuk membendung Honda HR-V yang pergerakkannya cukup liar bagi Toyota dan Daihatsu sejak diluncurkan pada 2014.

Bagaimana tidak, sepanjang 2017 saja (Januari-Oktober), data Gaikindo menjelaskan suplai dari pabrik ke masing-masing dealer APM adalah Honda HR-V tertinggi, diikuti Toyota Rush dan disusul Daihatsu Terios.

Namun, data di atas lantas tidak bisa sebagai patokan lantaran mungkin Toyota-Daihatsu sudah mulai mengurangi volume produksi si duet maut. Bagaimana dengan data Gaikindo periode sama tahun lalu?

BrandJanuari-Oktober 2016Januari-Oktober 2017
Honda HR-V37.90133.560
Toyota Rush20.43017.888
Daihatsu Terios12.7329.873

Di atas kertas ternyata compact SUV milik Honda lebih unggul dan meninggalkan pesaingnya, Rush dan Terios. Ini pertanda konsumen menemukan pilihan lain di segmen low MPV. Seiring berjalannya waktu, rupanya Toyota-Daihatsu benar-benar tengah menyiapkan pesaing berat Honda HR-V meski dengan nama yang sama.

All-new Toyota Rush dianggap punya banyak keunggulan tidak hanya dari segi desain, juga menawarkan fitur terbaik untuk mengganjal laju Honda HR-V.

Dilihat sepintas siluet generasi baru Toyota Rush memiliki tampilan seperti saudaranya Toyota Fortuner. Dan tampilan belakang, tidak berlebihan jika disebut terinspirasi Toyota RAV4, meski tampak samping masih terlihat bahwa terinpirasi desain Daihatsu FT Concept yang debut dunia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015.

All-new Toyota Rush All-new Toyota Rush

Toyota Rush model terbaru kabarnya masih menyuguhkan mesin 1.5-liter DOHC, VVT-i. Dan jantung penggeraknya masih menggerakkan kedua roda belakang yang selama ini tak mengganggu konsumen.

Di samping itu, Toyota memberikan fitur keamanan seperti 6 airbag dan VSA (Vehicle Stability Control). Fitur yang terakhir disebut dapat melindungi mobil dari gejala slip akibat ban kehilangan grip.

Masuk ke interiornya, Anda akan disajikan sistem AC digital dengan tampilan modern, monitor berukuran 8” pada bagian dashboard dapat memutar sistem hiburan serta didukungan 8 speaker serta Steering Switch. Dan info lain adalah akan tersimpan airbag 6 titik. Menarik?

Bukan tidak mungkin duet model baru Rush dan Terios akan mencuri mengalihkan perhatian lewat berbagai pembaruannya. [Ikh]


Komentar