Ford Pikirkan Warna Selama 4 Tahun Sebelum Mobil Dijual Share this
Berita Mobil
Mode baca

Ford Pikirkan Warna Selama 4 Tahun Sebelum Mobil Dijual

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 22 Agustus 2017

Foto: 2017 Ford Shelby GT350

DUBAI - Sebelum meluncurkan warna mobil baru, desainer Ford selalu melihat karakter konsumen terlebih dahulu dan memperhatikan efek warna bagi pemilik.

Ford tampaknya tidak main-main dalam menghadirkan warna-warna baru. Desainer Ford selalu memadukan tren warna yang sedang berkembang agar diterima pasar. Jadi pemilik mobil pun tidak ganti-ganti warna eksterior. Wajar apabila warna-warna baru Ford mampu menjadi tren dalam hal warna dalam lima 5 tahun terakhir.

Proses pemilihan warna baru selalu dimulai empat tahun sebelum mobil dipasarkan. Desainer Ford melalukan riset tren warna di sejumlah negara terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk.

“Desainer kami selalu bekerja bersama-sama dan kami melihat apa yang terjadi terlebih dahulu di dunia arsitektur, produk dan interior,” tutur Emily Lai, Design Manager Colour and Materials Design Ford.

Setelah tim desain menentukan warna mobil yang akan dipilih, para desainer ini akan melakukan riset kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan guna memastikan karakter warna tersebut akan cocok dan menggambarkan suasana hati konsumen.

“Warna tidak hanya menunjukkan karakter Anda, warna juga menunjukkan kondisi yang sedang Anda alami. Contohnya jika Anda sedang dalam tekanan dan stress akan mempengaruhi pilihan serta mood Anda,” tambah Lai.

Berikut 3 hal yang tidak Anda ketahui mengenai warna kendaraan.

  1. Pria Sering Salah Melihat Warna

    Pria yang mengalami buta warna di dunia memiliki perbandingan 1:12 dan wanita hanya 1:200. Dengan data tersebut, desainer Ford selalu melakukan tes warna hingga bagian terkecil sehingga mengurangi kemungkinan warna mobil meleset dari perencanaan.

  2. Warna Memiliki Arti

    Warna hitam berarti berwibawa dan mewah sehingga sangat cocok digunakan oleh kendaraan bisnis. Warna perunggu memiliki arti sejarah panjang dan mewakili warna bumi sehingga sering sekali digunakan di dunia fashion dan perhiasan. Bagi keluarga muda, warna putih dapat menjadi pilihan karena memiliki arti murni, menawan dan segar.

  3. Menentukan Nama Warna Sangat Sulit

    Nama warna selalu menggambarkan pola pikir desainer selama proses produksi. Ketika satu warna telah diproduksi, tim desainer akan melihat efek dari warna dan melihat reaksi warna terhadap berbagai sumber cahaya. Setelah proses tersebut dilakukan, nama warna baru akan segera dipastikan.

Jika melihat tiga hal tersebut, wajar apabila mobil yang telah diproduksi massal sebagian besar pasti tidak akan melakukan ubahan warna terlalu sering. Beberapa warna yang pasti ada di setiap mobil-mobil dunia yaitu hitam, putih dan warna solid seperti merah.

Warna-warna tersebut tetap secara konsisten menjadi pilihan konsumen meski jarang dikembangkan lagi. Namun secara periodik, kemajuan teknologi warna membuat sebuah ubahan menjadi sangat berharga selain ubahan pada desain mobil. [Amo/Ikh]


Komentar