Ford Hadirkan Sistem Anti-Pengemudi Hantu Share this

Ford Hadirkan Sistem Anti-Pengemudi Hantu

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 14 Agustus 2018

COLOGNE - Ford merilis sebuah sistem yang disebut Wrong Way Alert untuk menghindarkan pemilik all-new Focus dijuluki sebagai pengemudi hantu.

Teknologi ini digagas Ford setelah melihat fenomena yang terjadi di beberapa negara, khususnya Jerman. Di sana, mereka memberi julukan pengemudi hantu atau dalam bahasa Jerman dikenal dengan nama Geisterfahrer.

Istilah ini diberikan kepada para pengemudi yang kerap kali salah jalan. Bahkan, tahun lalu hal ini bahkan menyebabkan kecelakaan dan membuat 22 orang kehilangan nyawa baik di jalan tol maupun jalan raya.

Maka dari itu Ford berupaya untuk mengantisipasinya. Apalagi, kecelakaan tersebut juga bakal berdampak terhadap pengendara atau orang lain.

“Kecelakaan ini bisa sangat merusak. Pengemudi yang lelah, bingung dengan tanda-tanda jalan yang buruk atau mengemudi dalam cuaca buruk dapat mengambil jalan yang salah dan menempatkan mereka pada bahaya nyata," kata Jan Guesten, insinyur pengembangan, Driver Assistance Technologies dari Ford Eropa.

Sistem Wrong Way Alert diterapkan melalui basis Traffic Sign Recognation milik Ford. Perangkat ini akan bekerja menggunakan informasi GPS yang ditampilkan oleh sistem navigasi onboard dan dilengkapi kamera depan.

Jika sebelumnya informasi yang diberikan hanya memantau posisi kendaraan di depan, maka dengan adanya Wrong Way Alert pengemudi dapat mengetahui apakah Ia berada di jalur benar atau salah. Apabila mobil berada di jalur yang salah, pemberitahuan akan muncul di head-up display dan meminta pengemudi untuk memeriksa arah berkendaranya.

Akan tetapi, Sistem ini baru tersedia untuk unit all-new Ford Focus saja. Sedangkan pengaplikasiannya baru bisa ditemui untuk unit Ford Focus di Jerman, Austria dan Swiss. Sebelum diaplikasi, pihak Ford juga sudah menguji di Belgia.

Tidak hanya sebagai pengingat, pihak Ford juga sudah menambahkan fitur pada sistem tersebut agar lebih ramah unutk pejalan kaki. Di mana mobil akan mengerem otomatis apabila ada potensi terjadi tabrakan. Selain itu, mereka menambahkan kamera di bagian belakang mobil dengan tampilan 180 derajat. Tujuannya adalah memudahkan visibilitas pemilik all-new Focus melihat kondisi jalanan saat keluar parkiran. [Ary/Ari]

https://www.youtube.com/watch?v=V-au9oHm7xY&feature=youtu.be


Komentar