Ford Ciptakan Jaket Pintar untuk Pesepeda Share this

Ford Ciptakan Jaket Pintar untuk Pesepeda

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 Juni 2018

LONDON - Ford menciptakan jaket pintar untuk pesepeda agar memudahkan penggunanya selama perjalanan.

Ford tidak hanya fokus memproduksi mobil-mobil berteknologi modern. Melalui divisi Ford Smart Mobility, mereka mencoba untuk aktif menjaga pengguna jalan lainnya tetap aman.

Kali ini, teknologi yang diterapkan fokus kepada pemilik sepeda. Tim yang dipimpin oleh Tom Thompson itu pun akhirnya melahirkan terobosan baru yaitu jaket untuk pesepeda.

"Konsep jaket pintar ini adalah wujud untuk memahami pengguna jalan yang merupakan bagian dari ekosistem mobilitas di perkotaan. Mulai dari pesepeda, mobil hingga pejalan kaki. Semuanya dapat berdampingan dengan adanya penerapan teknologi cerdas di masa depan nanti," kata Thompson.

Secara desain, jaket ini jauh dari kesan sporty dan bahkan cenderung formil. Namun, dibalik itu semua Ford menerapkan berbagai fitur untuk menunjang keselamatan. Bagian lengan (kanan dan kiri) dari jaket ini bisa menyala dan berfungsi sebagai lampu sein yang akan menyala ketika tangan diangkat.

Sementara pada bagian belakang tepatnya di bagian bawah terdapat lampu led. Lampu ini menyala ketika pesepeda melakukan pengereman. Pemilik jaket juga bisa menghubungkannya dengan smartphone melalui hubungan nirkabel.

Bagian lengan jaket akan bergetar jika kondisi lalu lintas di depan padat. Fitur ini bekerja atau aktif lantaran terhubung dengan GPS Mapping System. Ini bisa menjadi penanda bagi pesepeda untuk mencari jalan alternatif.

Selain itu, jaket ini juga sangat ergonomis apabila pesepeda ingin menggunakan layanan navigasi melalui smartphone. Anda juga akan mendapatkan penunjuk arah melalui perintah suara dan juga menerima atau melakukan telepon.

Namun, pihak Ford Smart Mobility masih akan melakukan pengembangan lagi. Utamanya terkait fungsi earphone yang tengah diusahakan agar tetap bisa mendengarkan atmosfir di sekitar. Tujuannya adalah supaya pesepeda tetap menjaga kewaspadaannya terhadap adanya pengguna jalan lain, baik dari depan, samping atau belakang.

Sementara ini, belum ada informasi mengenai rencana Ford merilisnya sebagai produk massal. Akan tetapi, jaket ini sudah dipakai untuk mobilitas para pekerja jasa pengantar barang dengan sepeda di kota London, Inggris. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Ford Ciptakan Jaket Pintar untuk Pesepeda


Komentar