Fitur Keselamatan Toyota Dianggap Turunkan Angka Kecelakaan Share this

Fitur Keselamatan Toyota Dianggap Turunkan Angka Kecelakaan

Denny Basudewa
pada 28 Desember 2016

TOYOTA CITY – Berdasarkan hasil survei Toyota Motor Corporation (TMC), angka kecelakaan saat parkir menurun berkat fitur yang diciptakan mereka.

Survei sendiri dilakukan dengan melibatkan tiga model Toyota yatu Alphard, Vellfire dan Prius yang telah dilengkapi dengan Intelligent Clearance Sonar (ICS) system. Fitur ini dibuat untuk dapat mencegah dan mengurangi dampak kecelakaan saat parkir.

Survei ini dilakukan selama 18 bulan sejak Januari 2015 hingga Juni 2016. Berdasarkan survei dari perusahaan asuransi, fitur ini efektif untuk mengurangi kecelakaan di tempat parkir. Setidaknya kecelakaan akibat kesalahan menekan pedal berkurang hingga 70 persen dan kecelakaan akibat kesalahan memindahkan transmisi berkurang 40 persen.

ICS menggunakan sonar untuk mendeteksi adanya benda yang menjadi penghalang saat parkir. Dengan demikian pengemudi dapat parkir dengan lebih mudah atau setidaknya mengurangi kerusakan akibat terjadinya kecelakaan.

Alphard, Vellfire dan Prius yang diluncurkan telah dilengkapi dengan sensor tambahan dan jangkauan deteksi telah ditingkatkan. Sehingga jangkauan deteksi total semakin luas dan perangkat lunak juga telah ditingkatkan.

Dengan sensor ini diharapkan parkir akan menjadi lebih mudah dan aman dibanding sebelumnya. [Dew/Ikh]


Komentar