Fitur-fitur yang Dibawa Suzuki Jimny Tepat untuk Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Fitur-fitur yang Dibawa Suzuki Jimny Tepat untuk Indonesia

Denny Basudewa
pada 23 Juli 2019

Foto: Suzuki Jimny di GIIAS 2019

TANGERANG – Suzuki Jimny yang dipasarkan di Indonesia memiliki fitur berbeda dari mobil-mobil Suzuki lainnya.

Masuk ke Tanah Air dengan status CBU (Completely Bulit Up), Suzuki Jimny generasi keempat menjadi perbincangan hangat oleh berbagai pihak. SUV tangguh nan ikonik tersebut telah dibekali berbagai fitur terkini.

“Sebagai kendaraan compact off road satu-satunya di Indonesia, Jimny kami bekali dengan berbagai fitur orisinal, salah satunya adalah All Grip Pro. Fitur ini dapat memuaskan para profesional yang membutuhkan performa mengemudi dengan respon cepat serta bermanuver di medan yang sulit,” ucap Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Namun di balik fitur-fitur terkininya, Suzuki Jimny yang dijual di Indonesia tetap mengalami penyesuaian. Beberapa fitur ditidakan atas dasar belum memadainya kondisi jalan dan karakteristik penggunanya di Tanah Air.

Fitur yang hilang sendiri salah satunya adalah heater atau penghangat kabin. Fitur ini dianggap tidak perlu karena Indonesia merupakan merupakan negara tropis. Berbeda dengan wilayah Eropa yang lebih suhunya lebih rendah, fitur heater lebih berfungsi di sana.

“AC pada Suzuki Jimny sebenarnya sudah ada heater-nya. Suhunya bisa diatur sesuai kebutuhan. Jadi kami rasa warga Indonesia cukup dengan adanya AC saja,” ucap Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development SIS di ICE BSD, Tangerang, kemarin (22/07/2019).

Fitur selanjutnya yang hilang dari Jimny adalah automatic brake. Fitur ini berguna untuk menghentikan kendaraan secara otomatis pada kecepatan tertentu jika terdeteksi ada potensi berbahaya di depannya.

“Fitur ini karena kami rasa di Indonesia belum diperlukan. Lalu Jimny juga diperuntukkan bagi offroad, di mana para pengemudinya akan sangat hati-hati,” tutur Yulius kemudian.

Suzuki Jimny masuk ke Indonesia dengan pilihan tipe yang dibedakan oleh transmisi dan warna saja. Sementara di negara asalnya terdapat banyak variasi untuk konsumen. Seperti salah satunya sistem keyless entry dan start stop button.

Fitur ini tidak dihadirkan di Tanah Air meskipun kendaraan ini sudah dibekali banyak inovasi di dalamnya. Berbicara soal ini, Yulius mengatakan bahwa pihak SIS akan mempertimbangkan akan hadirnya fitur tersebut ke depannya. [Dew/Idr]


Komentar