FitCar, Mobil Pembakar Kalori Pertama di Dunia Share this

FitCar, Mobil Pembakar Kalori Pertama di Dunia

Ary Dwinoviansyah
pada 25 September 2018

DELFT - FitCar menghadirkan sebuah mobil dengan fitur unik berbekal sepasang pedal sepeda agar sang pemilik tetap bisa berolahraga selama berkendara.

Terlalu lama aktivitas bersama mobil, tentu membuat waktu untuk berolahraga semakin sempit. Hal ini lah yang akhirnya mendorong seorang pengusaha asal Arab Saudi, Nasser Al Shawaf mencetuskan ide tak biasa tersebut.

"Saya bekerja di banyak kota di dunia di mana perjalanan dengan mobil ditempuh sekitar 1 jam. Ini adalah cara yang tidak sehat karena menghabiskan lebih dari 2 jam (berkendara) setiap harinya. Jadi, saya datang dengan gagasan FitCar," ujarnya.

Untuk merelisasikannya, Nasser menggandeng sebuah perusahaan asal Belanda yakni BPO. Setelah 2 tahun melakukan pengembangan, mereka pun akhirnya merilis mobil pembakar kalori pertama di dunia ini.

FitCar dengan penerapan teknologi Pedal Powered Vehicle (PPV) ini dapat membuat pemiliknya untuk berolahraga. Bahkan, setelah menjalani tes jalan Nasser mengatakan mobil ini mampu membakar kalori penggunanya sebanyak 300 kalori dalam 30 menit.

"FitCar PPV memberikan setidaknya solusi dari masalah bagi Anda yang ingin berolahraga, namun tidak punya waktu. Saya benar-benar bangga dengan hasilnya," kata Nasser.

Lebih lanjut, Oscar Brocades Zaalberg selaku Managing Director BPO menjelaskan sistem kerja FitCar. Audi A4 Avant dipilih sebagai prototipe karena memiliki ergonomis yang baik di sisi pengemudi. Sementara itu, pedal sepeda buatan mereka menggantikan posisi pedal gas dan rem. Selanjutnya fungsi pengereman dipindah ke tuas pada bagian kanan kemudi.

Pengoperasiannya juga terbilang mudah. Pemilik mobil tinggal memasukkan tuas transmisi ke D (drive) dan mobil akan berjalan. Sedangkan pedal sepeda berfungsi sebagai penambah akselerasi saja ketika mobil berjalan. Untuk pengeremannya pun sangat mudah di mana cukup menekan saja tuas rem ke arah depan.

Jika ingin melihat lebih detail, simak video di bawah ini. Sayang, ada fitur keselamatan yaitu airbag yang ditanggalkan. Pasalnya, pihak BPO sudah mengganti kemudi mobil ini dengan setir a la balap dari Sparco.

https://www.youtube.com/watch?v=FhOu058irrU

"Ambisi kami adalah teknologi ini nantinya bisa diadposi oleh pabrikan mobil perkotaan terbaru. Kami menawarkan paket konversi bagi mereka yang ingin menambahkan PPV di mobilnya. Pengendaliannya sangat mudah dan aman," tutur Oscar.

Pada FitCar PPV sendiri terdapat tiga mode berkendara. Pertama adalah Drive Slow untuk kebutuhan menghadapi lalu lintas yang lambat. Kedua Drive Fast apabila kendaraan membutuhkan kecepatan lebih tinggi di jalan raya.

Sedangkan ketiga adalah No Drive. Mode ini membuat pemilik mobil tetap bisa tetap 'bersepeda' meski mobil berhenti dan terjebak dalam kemacetan. Mobil ini pun mendapatkan apresiasi positif dari khalayak yang sudah mencicipinya.

"Kami senang konsep kami sudah diujicoba oleh banyak orang di Belanda. Ada beberapa opsi untuk mengembangkannya. Misalnya agar PPV lebih fleksibel untuk diganti ke mode berkendara konvensional, pembuatan aplikasi PPV untuk memaksimalkan pembakaran kalori, efisiensi, rute dan semua itu sangat mungkin," tutup Oscar. [Ary/Ari]


Komentar