First Drive All-New Mitsubishi Pajero Sport Share this
Review Mobil
Mode baca

First Drive All-New Mitsubishi Pajero Sport

Indra Prabowo
pada 21 January 2016

JAKARTA – Pertempuran sengit bakal terjadi di segmen medium SUV ladder frame chassis. Ada Mitsubishi Pajero Sport, Ford Everest atau Toyota Fortuner yang memasuki generasi baru. Sebagai pemanasan, mari kita tes All-New Mitsubishi Pajero Sport.

All-new Mitsubishi Pajero Sport 2017 tinggal menghitung hari untuk diluncurkan di Indonesia (29/2) setelah pada awal Agustus 2015 dikenalkan di Thailand.

Sebelum diluncurkan secara resmi, Mobil123 berkesempatan mengencani all-new Mitsubishi Pajero Sport secara singkat di kawasan parkir kantor Mitsubishi di Jakarta Timur, sekitar sepuluh hari silam.

Dan, kemarin kami kembali mengendarainya di dalam kawasan Ancol Jakarta Utara, di lintasan offroad sangat-sangat ringan dan pendek, serta aspal.

Saat melintasi medan offroad sangat ringan (pasir padat, bergelombang, flat dan berkelok-kelok) dan pendek (sekitar 200 meter), Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang kami kemudikan hanya boleh bergerak maksimal di angka 40 kpj.

Kami merasakan suspensinya menyenangkan – tidak terlalu keras dan lembut. Kemudinya pun enak diputar – tidak ringan dan berat – ketika berbelok. Satu hal lagi yang mengesankan adalah tubuhnya-nya mudah diajak ‘menari’ tidak sekaku model sebelumnya.

Selepas lintasan offroad, kami menjelajahi aspal di dalam Ancol dengan kecepatan rendah, kembali. Kesan pertama kami, suara mesin jauh lebih halus dan getaran lebih kecil. Dan tentunya dengan peredaman baru, suara mesin yang masuk ke dalam kabin berkurang.

Dalam kencan sangat singkat ini pun Mobil123.com merasakan performa mesin baru 2.4-liter MIVEC turbodiesel (181 hp) dan perpindahan transmisi otomatis 8-speed yang halus.

Mesin tersebut merupakan pertama kali digendong oleh Mitsubishi Pajero Sport dan transmisi otomatis 8-speed ini adalah yang pertama dipakai oleh model Mitsubishi.

Ini semua menjadi awal yang bagus bagi generasi baru Mitsubishi Pajero Sport meski saya masih belum bisa mencerna desain barunya.

Mitsubishi Pajero Sport menjadi salah satu mobil tersukses bagi Mitsubishi. Sejak diluncurkan pada 2008, total penjualannya telah melampaui 400 ribu unit di dunia. Hingga kini, Pajero Sport dinikmati jutaan orang di ASEAN, China, Australia, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Russia. [Idr]


Komentar