Federal Mobil Gunakan Tenaga Robot untuk Jaga Kualitas Produk Share this
Workshop
Mode baca

Federal Mobil Gunakan Tenaga Robot untuk Jaga Kualitas Produk

Adi Hidayat
pada 10 Mei 2018

Foto: Federal Mobil Gunakan Tenaga Robot untuk Jaga Kualitas Produk

CILEGON – Kualitas oli Federal Mobil kini diklaim semakin terjaga dengan ditingkatkannya sumber daya robot pada proses produksinya.

Hal ini disampaikan oleh Ari Sutanto, Plant Director MPM Lubricants pada media beberapa waktu lalu. Ia mengatakan bahwa digunakannya sumber tenaga robot memiliki beberapa kelebihan yang tidak bisa diberikan pada sumber tenaga manusia.

“Proses blending bahan-bahan adalah salah satu yang paling terlihat. Dengan menggunakan robot maka pencampuran bahan akan lebih akurat ketimbang menggunakan tenaga manusia. Jadi kualitas oli yang dimiliki menjadi lebih terjaga,” ungkapnya.

Selain itu, robot juga dirasa tidak akan lelah meski harus membawa barang-barang berat. Sementara manusia memiliki tingkat lelah tersendiri dan bila dipaksakan untuk terus bekerja justru akan membahayakan pekerja tersebut.

“Kami juga belajar dari pabrik lama kami sebelumnya bahwa ketika cuaca buruk terjadi, tenaga kerja manusia menjadi banyak yang terlambat sehingga proses produksi juga terhambat. Sementara kalau mesin itu berbeda. Kalau pun cuaca buruk, mereka tetap bisa bekerja dengan baik,” tambahnya kemudian.

Meski memiliki beberapa keunggulan, namun Ia menegaskan bahwa pihaknya tetap mempekerjakan sumber daya manusia yang cukup banyak. Pasalnya, banyak hal yang tidak bisa dikerjakan begitu saja oleh robot.

“Salah satunya adalah pemeriksaan yang tetap harus mengandalkan tenaga kerja manusia. Selain itu pengembangan produk juga masih harus menggunakan tenaga kerja manusia,” pungkasnya.

MPM Lubricants adalah produsen dari Federal Mobil yang kini telah cocok untuk standard emisi euro 4. Oli tersebut diklaim akan membantu Pemerintah untuk menyukseskan program tersebut dan tetap memberikan perfoma terbaik pada mobil konsumennya. [Adi/Ari]


Komentar