Era Skutik Gambot Selamatkan Pengusaha Aksesori Share this
Berita Motor
Mode baca

Era Skutik Gambot Selamatkan Pengusaha Aksesori

Denny Basudewa
pada 02 Mei 2018

Foto: Modifikasi skutik

JAKARTA – Skuter matik (skutik) saat ini tengah diminati oleh masyarakat di Tanah Air. Sepedamotor jenis ini mewabah di berbagai penjuru wilayah hingga daerah.

Tren skutik gambot di Indonesia sejatinya diawali dengan hadirnya Honda PCX pada 2010. Namun saat itu PT Astra Honda Motor (AHM), memboyong PCX dalam kondisi Completely Built Up (CBU) dari Thailand. Walhasil harga yang ditawarkan terlampau tinggi (Rp 32 Juta).

Pada 2015, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan gebrakan, dengan memproduksi skutik gambot yaitu Nmax. Kuda besi berkapasitas 150 cc tersebut disambut positif oleh pasar di Tanah Air.

Dengan harga yang lebih terjangkau, Yamaha Nmax kian digemari oleh masyarakat, baik di perkotaan hingga pedesaan. Populasi skutik bertubuh besar tersebut semakin meluas setiap tahunnya. Bahkan motor ini digunakan oleh berbagai kalangan umur.

Menjamurnya skutik gambot di Tanah Air, ternyata juga dibarengi dengan ragam aksesori peningkat penampilan kendaraan. Hal ini memberikan peluang baru bagi pengusaha aksesori sepedamotor. Salah satunya adalah Giman selaku Direktur Utama PT Maju Gemilang Persada, pemegang merek GMA Motor.

Skutik Gambot Aksesori Yamaha Nmax

Jika sebelumnya Ia memasarkan aksesori untuk sepedamotor jenis sport. Kini beralih pada skutik gambot bernama Yamaha Nmax. Hal tersebut tidak hanya mendatangkan laba bagi perusahaannya, namun menyelamatkannya dari kelesuan pasar.

“Hadirnya Yamaha Nmax memang memberi pengaruh pada bisnis kami. Karena harus diakui jika pengguna motor sport saat ini telah jauh berkurang. Nmax membuka peluang baru bagi kami dan membuat pasar kembali bergairah,” ucap Giman.

Menurutnya kehadiran Yamaha Nmax juga memberikan berkah tersendiri baginya dan beberapa pengusaha lainya. Seperti diketahui, selain Giman masih banyak pedagang aksesori rumahan yang mendapat berkah dari hadirnya tren skutik gambot.

Saat ini Yamaha Nmax bukanlah pemain tunggal di segmen skutik berdimensi besar. PT YIMM sendiri telah melahirkan beberapa model lainnya seperti Xmax, Aerox, Tmax dan Lexi di Tanah Air. Selain itu, Honda juga telah memasarkan PCX buatan dalam negeri.

Tumbuh suburnya aksesori untuk segmen skutik gambot di Indonesia, tentunya memberikan pengaruh kepada berkembangnya pasar otomotif terutama roda dua. Tren motor bertransmisi otomatis tersebut, diprediksi masih bertahan karena kebutuhan akan kendaraan yang praktis. [Dew/Ari]


Komentar