Eni Oil: Ganti Nama dari Agip Jadi Tantangan Besar Share this
Workshop
Mode baca

Eni Oil: Ganti Nama dari Agip Jadi Tantangan Besar

Insan Akbar
pada 01 Agustus 2018

Foto: Para eksekutif Eni Oil di Indonesia berfoto bersama produk-produk di bidang otomotif

JAKARTA – Pergantian nama merek pelumas Agip ke Eni Oil diakui sebagai tantangan yang mesti dilakui dalam pemasaran dan penjualan di Indonesia.

Agip, merek pelumas asal Italia, berganti nama menjadi Eni Oil pada 2013. Pengubahan nama tersebut diakui sebagai pekerjaan rumah khususnya bagi pasar Indonesia.

Imran Razy, Direktur Utama PT. Bahana Nusa Lubrindo (NBL), mengakui kesan pertama yang muncul dari merek terkini cukup jauh dari citra otomotif. Apalagi, merek tersebut di Indonesia mirip seperti nama perempuan dan hal ini terlihat antara lain jika melakukan penelusuran internet.

“Tapi, sekarang ini dengan aktif di media sosial, nama Eni sudah mulai muncul. Ini pekerjaan yang menantang banget. Komunikasikan soal pergantian Agip ke Eni ini luar biasa,” ujarnya menjawab pertanyaan Otospirit.com dalam wawancara di Sunter, Jakarta pada awal pekan ini.

Satu hal yang cukup melegakan adalah lekatnya nama Eni Oil di komunitas Vespa. Pasalnya, selama puluhan tahun hingga 2017 kemarin, merek ini merupakan oli resmi Vespa.

“Kami masih dalam proses untuk lebih sosialisasikan lagi pergantian Agip ke Eni Oil dan bahwa ini adalah merek oli Italia,” tambah Akian, Direktur Utama PT. Gani Distribusi Lubrindo.

Adapun alasan pengubahan merek tersebut, menurut dia, adalah untuk menyeragamkan nama dengan perusahaan induknya yakni Eni. Dengan demikian, aktivitas promosi global bisa berjalan dengan lebih efisien dan efektif.

“Eni adalah nama induk perusahaan. Agip ini salah satu bisnis dibidang lubricants (pelumas). Tapi sekarang mereka (perusahaan induk) ingin nama Eni dipakai untuk brand pelumas,” ujar Akian.

Performa Eni Oil di Indonesia yang terdiri dari lini otomotif, industri, alat berat, dan kemaritiman diklaim cukup baik. Mereka mengklaim berada di peringkat delapan di Indonesia untuk seluruh bisnis dengan pangsa pasar 3 persen.

Kini mereka sedang berusaha memperbesar pasar di sektor otomotif dengan mendekati para pengemudi Go-Jek.

Promosi GIIAS 2018

Eni Oil juga akan hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, 2 – 12 Agustus mendatang. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengomunikasikan merek, produk-produk otomotif, sekaligus bertemu langsung dengan konsumen akhir (end user). Tak lupa, ada program promosi selama pameran tersebut.

“Semua produk yang kami jual di sana punya program buy one get one dengan maksimal pembelian satu paket,” ujar Imran.

Sebagai informasi, produk pelumasan otomotif Eni Oil antara lain adalah Eni I-Ride Matic 4T, Eni Super Hitech 4T, Eni 2T Smokeless. [Xan/Ari]


Komentar