E-Fuso Vision One, Masa Depan Truk-truk Bertenaga Listrik Share this
Mobil Konsep
Mode baca

E-Fuso Vision One, Masa Depan Truk-truk Bertenaga Listrik

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 27 October 2017

Foto: Daimler E-Fuso Vision One

TOKYO - Daimler membuka selubung E-Fuso Vision One yang merupakan truk heavy duty bertenaga listrik di Tokyo Motor Show 2017.

Kehadiran truk listrik ini menjadi bukti keseriusan Daimler dalam mengembangkan kendaraan niaga di masa depan. Daimler E-Fuso Vision One menandai akhir dari proses di mana perusahaan akan mulai beralih ke tenaga listrik dalam beberapa waktu mendatang.

Investasi dan akses Daimler Network untuk teknologi baterai serta pengisian daya akan mendukung strategi ini sehingga menjadikan E-Fuso sebagai truk listrik terdepan. Di tahun-tahun mendatang, semua model truk dan bus Fuso akan menyertakan alternatif powertrain listrik tambahan.

Truk listrik Daimler ini merupakan truk heavy-duty yang memiliki GVW 23.26 ton dan payload 11.11 ton, lebih rendah 1,8 ton dari rekan dieselnya. Truk ini dapat beroperasi dengan jarak tempuh hingga 350 km dalam satu kali charge.

Sementara truk listrik dengan daya jelajah jauh masih membutuhkan waktu untuk uji kelayakan secara teknis sehingga truk heavy-duty E-Fuso Vision One ini hanya dapat digunakan untuk kendaraan distribusi di area regional.

Selain pengalamannya dalam pengembangan truk listrik, E-Fuso juga mendapat keuntungan dari memiliki akses ke sumber teknis yang luas dari perusahaan induknya Daimler AG. Daimler banyak berinvestasi pada mobilitas listrik, menciptakan sinergi antara divisi mobil penumpang dan truk.

Selanjutnya, Deutsche Accumotive anak perusahaan Daimler adalah penyedia komponen baterai untuk truk E-Fuso.

Daimler memiliki saham di ChargePoint, penyedia stasiun dan infrastruktur pengisian daya terbesar di dunia dan di StoreDot sebuah perusahaan start-up Israel mengembangkan teknologi pengisian baterai baru yang cepat.

Daimler E-Fuso Vision One

“Melalui E-Fuso Vision One, ini merupakan gambaran kami terhadap truk heavy-duty bertenaga listrik. Kami kembali menjadi yang terdepan dalam hal kendaraan niaga bertenaga listrik. Satu bulan semenjak peluncuran eCanter di New York, membuktikan komitmen kami untuk mengembangkan tenaga listrik pada seluruh jajaran truk dan bus, mulai dari truk ringan hingga truk berat. Sebuah komitmen berkelanjutan dengan peluncuran E-Fuso,” tutur Marc Listosella, President and CEO of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation and Head of Daimler Trucks Asia.

Penampilan E-Fuso Vision One menandakan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) semakin berkomitmen untuk memperkuat rangkaian produknya. Komitmen tersebut melampaui pengembangan truk heavy-duty, yang menandai akhir dari proses elektrifikasi. [Amo/Ikh]


Komentar